Perusahaan Gas Negara. Foto: MI.
Perusahaan Gas Negara. Foto: MI.

Jalankan Strategi Digital, PGN Kebut Pembangunan Jargas ke 1 Juta Pelanggan

Annisa ayu artanti • 22 Mei 2022 13:24
Jakarta: Subholding Gas Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), terus mengupayakan percepatan transformasi bisnis dan berbasis digital khususnya selama pandemi covid-19. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai target pembangunan jaringan gas kepada 1 juta pelanggan setiap tahun.  
 
“Kami terus memperluas jangkauan pelanggan dan saat ini tengah melakukan mega proyek jaringan gas rumah tangga untuk 1 juta pelanggan per tahun melalui produk GasKita. Maka strategi bisnis berbasis digital dilakukan agar bisa terhubung secara lebih luas dengan masyarakat,” jelas Direktur Sales dan Operasi PGN, Faris Aziz, dalam keterangan tertulis, Minggu, 22 Mei 2022.
 
Menurutnya, masyarakat saat ini sudah familiar dengan digital sehingga pihaknya pun tak bisa ketinggalan untuk aktif lebih dekat masyarakat melalui platform digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga menjawab segala pertanyaan tentang gas bumi melalui chat Whatsapp di nomor 081511500645," ucapnya.
 
Ia menjelaskan saat ini PGN aktif melakukan kampanye digital Gaskita. Pada tahun 2021 lebih dari 10 persen pelanggan baru mendaftar melalui registrasi online.
 
PGN juga berkolaborasi dengan Tokopedia sebagai e-wallet pembayaran tagihan gas bumi. Melalui platform digital tersebut, pelanggan sangat dimudahkan dalam pembayaran tagihan gas apalagi selama masa pandemi.
 
“Bersama Tokopedia, PGN pernah membuat social campaign digital dan mendapatkan international recognition. PGN dan Tokopedia membantu UMKM kuliner pelanggan PGN dengan membuat special page bernama Dapur Gaskita di mana pengguna Tokopedia bisa membeli kuliner dari pelanggan PGN tersebut,” jelasnya.
 
Gaskita memberikan jaminan benefit dari penggunaan gas bumi yakni lebih praktis, aman, dan modern. Tahun 2021, penyerapan gas bumi di sektor rumah tangga (Gaskita) sekitar 5,5 BBTUD. Dari penyerapan tersebut, Gaskita PGN berhasil berkontribusi pada penurunan subsidi gas tabung sekitar Rp330 miliar per tahun.
 
Untuk percepatan program jargas rumah tangga nasional, PGN juga menggandeng BUMN Karya, BUMD, dan developer terkemuka di Indonesia. Program Sejuta Rumah (PSR) menyasar Rusun Perum Perumnas di lokasi berbasis Transit Oriented Development. Lokasi tersebut meliputi Semesta Mahata Serpong di Stasiun Rawa Buntu Tangerang Selatan dan Semesta Mahata Tanjung Barat Jakarta.
 
Tak hanya melalui pipa, PGN memiliki produk Gaslink bagi pelanggan yang berlokasi jauh dari jaringan pipa gas PGN. Pada Desember 2021, PGN me-launching varian GasLink Cylinder yang menyasar industri restoran dan usaha kecil.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif