Ilustrasi beragam dompet digital di Indonesia  - - Foto: Medcom
Ilustrasi beragam dompet digital di Indonesia - - Foto: Medcom

Alasan Peserta Program Prakerja Lebih Pilih Pakai e-Wallet untuk Transfer Insentif

Nia Deviyana • 19 November 2021 17:42
Jakarta: Survei Evaluasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja 2020 menunjukkan 76 persen peserta program lebih memilih menggunakan e-wallet atau dompet digital daripada rekening bank untuk pembayaran insentif dari pemerintah.
 
Adapun e-wallet yang menjadi pilihan untuk mentransfer insentif Kartu Prakerja yakni OVO, Gopay, LinkAja, dan Dana. VP Public Sector Payments LinkAja Marcella Wijayanti menilai e-wallet kini cukup familiar di masyarakat karena sebagian transaksi sudah beralih ke digital.
 
"Proses pendaftaran e-wallet juga bisa kapan saja, dan paling lama diproses 1x24 jam. Kadang satu jam juga sudah selesai," ujarnya dalam webinar Bulan Fintech Nasional 2021, Jumat, 19 November 2021.
 
Selain itu, sudah banyak layanan yang terintegrasi dengan e-wallet seperti transfer bank, pembelian pulsa listrik hingga pembayaran pajak. Biaya transfer ke bank dengan e-wallet juga relatif lebih murah.
 
"Selain itu kalau mau belanja di convenience store juga tinggal scan pakai QRIS," lanjutnya.
 
Marcella berharap penggunaan e-wallet perlu didorong untuk program pemerintah lainnya. Selain mempercepat inklusi keuangan, penggunaan financial technology juga bisa meningkatkan pemasukan negara. 
 
Marcella mencontohkan orang yang tadinya sering beralasan tak punya waktu luang untuk membayar pajak kini tak akan bisa mengelak lagi karena bisa dibayarkan via elektronik.
 
Kelebihan lainnya, semua data yang masuk akan terekam dengan baik dan jelas sehingga meminimalisir kesalahan dan kecurangan.
 
"Kalau semua mudah dan aman, orang pasti akan rajin, karena enggak perlu antre, ambil cuti dan lain-lain seperti dulu," imbuhnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif