Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO

Petani Milenial Diharap Bantu Pengentasan Kemiskinan

Antara • 26 Juli 2022 11:40
Sleman: Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Danang Maharsa berharap semakin banyaknya kelompok petani milenial yang ada di wilayah itu akan dapat membantu program pengentasan kemiskinan.
 
"Saat ini, di Sleman semakin banyak muncul kelompok petani milenial. Kehadiran kelompok petani muda ini diharapkan bisa ikut serta mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Sleman," kata Danang, di Sleman, DIY, dilansir dari Antara, Selasa, 26 Juli 2022.
 
Menurut dia, pengentasan kemiskinan dari sektor pertanian merupakan hal penting dan bisa memutus mata rantai kemiskinan di Sleman. "Upaya ini bisa dilakukan dengan cara memaksimalkan hasil pertanian dan melakukan akselerasi program pertanian dari hulu hingga hilir," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Danang yang juga merupakan Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sleman menyambangi petani milenial Sumberharjo yang tergabung dalam wadah Petani Milenial Sumber Taruna.
Baca: AKR Corporindo Catat Peningkatan Laba 72% di Semester I-2022

Kunjungan itu dilakukan saat para petani milenial melakukan pembukaan dan pengolahan lahan demplot seluas 1,2 hektare yang disewa dengan proses urunan oleh anggota kelompok petani milenial tersebut.
 
Dalam kunjungannya tersebut, Wabup juga ikut serta mengolah lahan dengan menaiki traktor sebagai bentuk dukungan dan apresiasi atas semangat para petani muda tersebut. "Saya pribadi merasa bangga dengan semangat dan keinginan teman-teman petani muda yang mau terjun di pertanian. Saat ini bidang pertanian memang jarang diminati oleh generasi muda," katanya.
 
Ia berjanji akan terus mendampingi petani milenial, termasuk petani milenial Sumber Taruna Sumberharjo dengan beberapa program kedepannya, salah satunya program adalah berupa Sekolah Lapang Bawang Merah.
 
Sekolah Lapang Bawang Merah dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan budi daya penanaman bawang merah kepada para petani muda. "Sudah kami daftarkan sekolah lapangannya mudah-mudahan pelaksanaannya bisa cepat di pada September nanti," pungkasnya.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif