Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya
Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya

Teten Optimistis Wirausaha Muda Bermunculan setelah Implementasi UU Ciptaker

Ekonomi Wirausaha Kementerian Koperasi dan UKM Omnibus Law UU Cipta Kerja
Ilham wibowo • 08 Oktober 2020 23:54
Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sangat yakin entrepreneur atau wirausaha akan makin bermunculan setelah implementasi Undang-Undang Cipta Kerja. Usaha rintisan atau startup yang dikelola milenial bisa leluasa berkembang dengan dukungan regulasi.
 
"Niat milenial menjadi entrepreneur sangat tinggi dari survei ke survei, kami menaruh harapan banyak terhadap para milenial yang sudah terjun dalam usaha sebagai startup untuk kita terus tumbuh kembangkan karena masa depan UMKM kita ada di mereka," kata Teten dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 8 Oktober 2020.
 
Menurut Teten, jumlah entrepreneur di Indonesia yang baru mencapai 3,47 persen belum cukup ideal untuk bisa bersaing dengan negara tetangga. Pencapaian level di atas standar menuju level negara maju perlu terlebih dahulu dilakukan dengan memperbesar panggung UMKM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus menambah jumlah entrepreneur karena saat ini jumlah entrepreneur kita baru di 3,47 persen, sementara untuk menjadi negara maju itu empat persen, Singapura itu sudah sembilan persen, Malaysia dan Thailand lima persen," paparnya.
 
Teten menuturkan bahwa masa depan UMKM yang kini melibatkan 97 persen tenaga kerja di Indonesia pengembangannya harus dipersiapkan dengan matang. Bisnis UMKM punya potensi besar baik di pasar domestik maupun mancanegara.
 
"Penting untuk menyiapkan masa depan UMKM kita yang unggul dalam SDM dan unggul dalam produk, sehingga produk-produk UMKM dan kemampuan usaha dari UMKM kita bisa bersaing di pasar nasional maupun pasar global," ucapnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif