Ilustrasi - - Foto: Medcom
Ilustrasi - - Foto: Medcom

Pengusaha Tekstil Janji Tak Ambil Untung Besar di Pembuatan APD

Ekonomi Virus Korona industri tekstil Alat Pelindung Diri (APD)
Ilham wibowo • 31 Maret 2020 15:37
Jakarta: Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memastikan tak mengeruk untung besar dalam memproduksi Alat Pelindung Diri (APD). Pasalnya, masker dan baju hazmat sangat dibutuhkan tenaga medis dalam menangani pasien virus korona ayau covid-19.
Ketua Umum API Jemmy Kartiwa Sastraatmadja mengatakan 18 perusahaan tekstil berkomitmen memenuhi kebutuhan tiga juta potong APD per bulan secara nasional. Proses khusus pembuatan APD untuk kebutuhan di Ring I sudah dibantu oleh dua perusahaan anggota API.
"Ongkos pembuatan APD grade Ring I itu kisaran Rp150 ribu-Rp200 ribu per potong karena demand cukup tinggi, harga itu betul-betul kami tidak ambil untung," kata Jemmy kepada Medcom.id, Selasa, 31 Maret 2020.
 
Jemmy menjelaskan APD Ring I perlu dibuat secara khusus lantaran diperuntukkan bagi dokter dan paramedis saat menangani pasien positif covid-19. Namun bahan baku kimia untuk campuran kain APD tersebut tengah menjadi rebutan di pasar global.
 
Di sisi lain, pihaknya sudah mengembangkan APD dengan kain yang menyerupai kualitas produk Ring I. Produksi massal akan dilakukan untuk kebutuhan nasional terutama bagi petugas pendukung penanganan covid-19 di Ring II.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang ini kan zamannya harus berbagi dan kami juga kembangkan APD untuk Ring II dengan ongkos pembuatan antara Rp100 ribu sampai Rp150 ribu per potong," paparnya.
 
Jemmy menambahkan pembuatan APD di 18 perusahaan tekstil akan dikebut. Tenaga penjahit yang semula membuat pakaian biasa sudah mulai membiasakan diri menjalankan standar pembuatan APD.

 
"Yang tidak terbiasa akan dibantu dengan yang sudah biasa membuat APD, sesama anggota API akan saling mempelajari terkait cara merakit APD standar medis dan nonmedis," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif