Menteri Perdagangan M Lutfi. Foto : MI/Abdullah.
Menteri Perdagangan M Lutfi. Foto : MI/Abdullah.

Apindo: M Lutfi Miliki Rekam Jejak Solid untuk Perdagangan

Ekonomi Reshuffle Kabinet Kementerian Perdagangan apindo M.Lutfi
Annisa ayu artanti • 23 Desember 2020 10:09
Jakarta: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai keputusan presiden untuk menugaskan M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) adalah hal yang tepat.
 
Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja mengatakan Lutfi memiliki rekam jejak yang solid dan baik untuk perdagangan. Selain itu, Lutfi juga memiliki rekam jejak di dunia investasi dan diplomasi yang diyakini akan membantu proses negosiasi perdagangan di masa depan.
 
Atas kapabilitas tersebut, Apindo yakin proses perdagangan dan reformasi internal dalam mengefisiensikan perdagangan Indonesia lebih siap dan terintegrasi dengan global supply chain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secara keseluruhan kami melihat ini keputusan yang sangat strategis karena kedepannya dengan sekian banyak FTA (Free Trade Agreement) yang akan diselesaikan dan dijalankan," kata Shinta kepada Medcom.id, Rabu, 23 Desember 2020.
 
Ia pun menyebut beberapa FTA yang dimaksud khususnya dengan mitra dagang tangguh seperti Uni Eropa dan Amerika Serikat.
 
"Kita butuh menteri perdagangan yang memahami perdagangan secara multidimensional dan bisa memastikan manfaat-manfaat FTA tersebut," ucapnya.
 
Ia berharap kerja Lutfi yang juga pernah menjadi Menteri Perdagangan di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II ini tidak hanya mengejar penyelesaian FTA. Melainkan memastikan adanya reform internal untuk meningkatkan efisiensi perdagangan nasional, khususnya untuk ekspor-impor agar jauh lebih efisien, lebih transparan, lebih rasional, dan lebih suportif.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif