“Kinerja keuangan AIA pada 2023 ini mencerminkan kesuksesan AIA dalam menjalankan strategi dan prioritas bisnis untuk jangka panjang,” kata Presiden Direktur AIA, Sainthan Satyamoorthy dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 30 Mei 2024.
Pada 2023, AIA memperoleh total laba komprehensif sebesar Rp918 miliar dan rasio Risk Based Capital (RBC) sebesar 434 persen untuk bisnis konvensional, 3146 persen untuk dana tabarru syariah dan 12584 persen untuk dana operator syariah.
Ia menyebut, AIA mencatat rasio solvabilitas yang merupakan tolok ukur dari kecukupan aset dalam memenuhi komitmen kepada pemegang polis di atas regulasi. Hal ini menunjukkan kesehatan keuangan AIA sebagai perusahaan asuransi jiwa.
Di sisi lain, AIA juga berhasil mengelola total Uang Pertanggungan (UP) sejumlah Rp749 triliun, meningkat sebesar 37 persen selama lima tahun terakhir. Pertumbuhan ini menunjukkan kepercayaan dari nasabah atas reputasi AIA.
“Hal ini juga mencerminkan komitmen kami dalam menjaga kepercayaan dari banyak pihak, termasuk nasabah dan mitra bisnis. Kami konsisten untuk menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan pendapatan operasional yang kuat,” ujarnya.
AIA memenuhi komitmennya kepada pemegang polis, dengan mencatatkan total pembayaran klaim sebesar Rp10 triliun pada 2023. Selama lima tahun terakhir, AIA telah membayarkan total kumulatif klaim dan manfaat asuransi sebesar Rp49 triliun.
Baca juga: LPS Bakal Jamin Dana Masyarakat di Perusahaan Asuransi, Mulai Efektif 2028 |
Inovasi produk
Dalam pengembangan produk, AIA menciptakan inovasi produk berdasarkan aspirasi dan kebutuhan nasabah di berbagai segmen. Termasuk High Net Worth yang merupakan salah satu segmen utama dalam bisnis dan telah menjadi keahlian perusahaan.“Pada 2023 lalu, AIA meluncurkan program loyalitas pertamanya untuk segmen High Net Worth, yaitu AIA Altitude, program yang dirancang untuk memberikan nilai tambah dan fasilitas untuk kebutuhan kesehatan dan gaya hidup individu High Net Worth,” ungkap dia.
Selain itu, AIA memiliki layanan berkualitas tinggi kepada nasabah melalui Premier Agency yang menghadirkan tim distribusi keagenan yang profesional, terpercaya, dan mahir digital serta jaringan mitra distribusi strategis melalui bancassurance.
AIA juga memiliki AIA Vitality, program Health and Wellness yang memiliki pendekatan shared value. Dengan AIA Vitality, AIA memotivasi nasabah untuk adopsi gaya hidup yang lebih sehat dengan cara yang menyenangkan dan rewards yang menarik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News