Ilustrasi Unilever. Dok. AFP
Ilustrasi Unilever. Dok. AFP

Perusahaan Konsisten Terapkan Bisnis Keberlanjutan, Begini Hasilnya

Achmad Zulfikar Fazli • 14 Oktober 2023 14:36
Jakarta: PT Unilever Indonesia, Tbk konsisten menerapkan bisnis yang berkelanjutan. Sehingga, perusahaan terus bertumbuh sembari memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat.
 
"Hal ini sejalan dengan komitmen Unilever Indonesia menjalankan bisnis yang berintegritas, bertanggung jawab dan memiliki tata kelola yang baik serta prinsip-prinsip keberlanjutan yang digariskan dalam strategi ‘The Unilever Compass’, membangun planet lebih lestari, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," ujar Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk Ira Noviarti, dalam penghargaan Katadata Green Initiative Awards (KGIA) 2023 dilansir pada Sabtu, 14 Oktober 2023.
 
Dalam kegiatan ini, Unilever meraih penghargaan kategori consumer goods. Pasalnya, perusahaan dianggap telah menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan dalam operasional perusahaan. 

"Capaian perusahaan pada gelaran Katadata Green Initiative Awards (KGIA) 2023 juga menjadi buah manis dari keseriusan kami selama ini untuk turut mengatasi berbagai permasalahan lingkungan dan sosial," ujar dia.
 
Dia memaparkan pihaknya memiliki serangkaian komitmen soal keberlanjutan, misalnya terkait manajemen limbah, yakni 0 persen volume sampah yang dibuang ke landfill.
 
Kemudian, dalam penanganan plastik, perusahaan yang hampir berusia 90 tahun itu telah mengumpulkan dan memproses 62.360 ton sampah melalui jaringan bank sampah di 50 kota/kabupaten dan 11 provinsi. 
 
Lalu, pemanfaatan plastik daur ulang pasca konsumen menjadi teknologi bahan bakar turunan dari sampah (refuse derived fuel/RDF).
 
Baca Juga: Strategi Kolaboratif Unilever Demi Wujudkan Ekonomi Sirkular

Sementara itu, Director of Katadata Insight Center Adek Media Roza menjelaskan KGIA diberikan sebagai apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan. 
 
Penilaian dilakukan dengan mengidentifikasi komitmen dan inovasi perusahaan pada green practices, di antaranya transisi energi bersih, komitmen rendah emisi, keuangan berkelanjutan, dan sebagainya. 
 
Di samping itu, dia menjelaskan dalam menjalankan the Unilever Compass, Unilever Indonesia melakukan Inisiatif pengemasan berkelanjutan dengan skema less plastic, better plastic, hingga no-plastic. Unilever Indonesia juga melakukan pengurangan jejak karbon dengan penggunaan energi terbarukan serta berbagai upaya pengurangan emisi lainnya.
 
"Penghargaan ini kami berikan kepada PT Unilever Indonesia Tbk sebagai role model, agar dapat menginspirasi perusahaan lain untuk ikut melakukan inisiatif serupa," jelas Adek. 
 
Selain itu, Unilever menerapkan ekonomi berkelanjutan dan sirkular dengan mengajak masyarakat lebih bertanggung jawab terhadap kemasan yang mereka gunakan, terutama kemasan plastik. 
 
“Pencapaian ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus maju bersama masyarakat Indonesia, dan memperkuat komitmen kami untuk tumbuh secara kompetitif, berkelanjutan, konsisten dan bertanggung jawab,” ujar Ira.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AZF)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan