Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Pertamina Ajak Ratusan UMKM Biar Go Global

Eko Nordiansyah • 16 Desember 2023 16:05
Jakarta: PT Pertamina (Persero) mendorong komunitas UMKM binaan menjadi tangguh dan mampu menciptakan peluang usaha berskala global. Berbagai upaya dilakukan oleh Pertamina bekerja sama dengan Kementerian BUMN dalam mendorong peningkatan kapasitas UMKM.
 
Pertamina menggelar webinar nasional UMKM Rumah BUMN bertajuk “Bisnis Kreatif Peluang Pasar Global” yang diikuti lebih dari 300 peserta yang terdiri dari fasilitator, asisten fasilitator, dan UMKM binaan dari 30 Rumah BUMN Pertamina di seluruh Indonesia.
 
VP CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina telah memfasilitasi jalur pasok PaDi UMKM. Tahun ini terdapat peningkatan dari 1.700 UMKM menjadi 2.749 UMKM, serta terdapat 618 UMKM yang sudah tembus pasar global.

"Capaian lain diantaranya telah dilaksanakan 8.466 sertifikasi dan perizinan UMKM serta 262 klinik bisnis. Kinerja 30 Rumah BUMN Pertamina tahun 2023 juga terlihat dengan peningkatan kelas 22 ribu UMKM dan berdampak positif pada nilai transaksi pameran yang mencapai lebih dari Rp5 miliar," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 16 Desember 2023.
 
Di Rumah BUMN, pelaku usaha memiliki kesempatan untuk belajar dan berbagi informasi serta pengalaman dengan narasumber, yang mencakup aspek legalitas, perizinan, teknologi, keuangan, hingga pemasaran. Dukungan bukan hanya mencakup aspek teknis bisnis, tetapi juga membentuk fondasi yang kokoh dalam mewujudkan keberlanjutan ekonomi.
 
Baca juga: 573 UMKM Pertamina Naik Kelas

 
Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan, UMKM didorong agar terus meningkatkan kualitas dan kapasitas produk yang dihasilkan, serta memperhatikan sertifikasi yang diperlukan sehingga produknya bisa dipercaya dan memenuhi syarat masuk ke negara tujuan ekspor.
 
“Sebagai bukti Pemerintah terus  mendorong UMKM, di tahun 2024 berencana menyelenggarakan  Bazar UMKM untuk Indonesia yang tidak hanya di selenggarakan di Jakarta saja, tetapi akan diselenggarakan di daerah lain seperti Medan, Makasar, Bandung, Balikpapan, Surabaya, Labuan Bajo, dan Jayapura. Di bulan April 2024, akan di adakan Fashion Fest UMKM, harapannya tentu agar peluang produk lokal menembus global dapat tercapai,” ungkapnya.
 
Pemilik Indang Apang Gallery Amelia Agustin mengaku mengutamakan kreativitas dan inovasi, dengan menjadikan rotan sebagai identitas produknya. Usaha tidak menghianati hasil, usaha yang dijalankan Amelia dengan penuh kecintaan dan ketulusan mengantarkan tas dan kerajinan rotan miliknya tidak hanya diminati oleh konsumen dalam negeri saja, tapi juga menembus pasar Cile dan Jepang.
 
“Ketika memulai sebuah bisnis, pastikan agar kita memberikan yang terbaik. Jangan takut untuk membuat sebuah terobosan, seiring berjalannya waktu maka ide-ide baru akan muncul untuk menopang bisnis kita makin berkembang, dan merambah ke pasar global,” ungkap Amelia.
 
Pertamina senantiasa berkomitmen untuk terus mendukung UMKM dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, sesuai fungsi Rumah BUMN, yakni sebagai sebagai pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UMKM. Meski begitu ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku UMKM agar usahanya bisa tembus pasar global.
 
“Mengembangkan usaha ke pasar global, menjadi satu tantangan bagi para UMKM, karena dibutuhkan konsistensi kualitas dan kapasitas produk, sertifikasi, perspektif yang lebih luas, konsistensi dalam kualitas, kreativitas dan inovasi yang terus berkembang, serta strategi jangka panjang,” kata Fajriyah.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan