Penumpang angkutan penyeberangan masih tertinggi selama arus mudik. Foto : Medcom.id.
Penumpang angkutan penyeberangan masih tertinggi selama arus mudik. Foto : Medcom.id.

Tembus 1,9 Juta Orang, Pemudik Angkutan Penyeberangan Jadi yang Tertinggi

Ekonomi Angkutan Umum kemenhub Lebaran 2022 Mudik 2022
Eko Nordiansyah • 04 Mei 2022 19:37
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat penumpang angkutan penyeberangan masih tertinggi selama arus mudik. Secara kumulatif sejak H-7 sampai dengan hari kedua lebaran kemarin, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan penyeberangan mencapai lebih dari 1,9 juta orang.
 
Dilansir dari data Kementerian Perhubungan, Rabu, 4 Mei 2022, jumlah pergerakan penumpang secara kumulatif di masing-masing moda yang dipantau selama delapan hari mulai Senin, 25 April atau H-7 hingga Selasa 3 Mei atau H+2 kemarin, yakni:
  • a. Pergerakan penumpang angkutan penyeberangan masih yang tertinggi yaitu sebanyak 1.946.774 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima pelabuhan penyeberangan terpadat yakni: Merak, Bakauheni, Gilimanuk, Ketapang, dan Kariangau Balikpapan.
  • b. Angkutan udara sebanyak 1.627.828 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima bandara yakni: Soekarno Hatta, Sultan Hasanuddin (Makassar), Juanda (Surabaya), Ngurah Rai (Bali) dan Sepinggan (Balikpapan)
  • c. Angkutan jalan (bus) sebanyak 1.209.227 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima terminal yakni, Kertonegoro Ngawi, Ir. Soekarno (Klaten), Giwangan (Yogyakarta), Tirtonadi (Solo), dan Purboyo (Madiun).
  • d. Angkutan kereta api sebanyak 1.002.852 penumpang. Dengan pergerakan penumpang terpadat di lima Daerah Operasi (Daop) yakni: Daop I Jakarta, Daop VIII Surabaya, Daop VI Yogyakarta, Daop IV Semarang, dan Daop II Bandung.
  • e. Angkutan Laut sebanyak 611.261 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima pelabuhan yakni Gilimanuk, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Balikpapan.

Pergerakan kendaraan keluar Jabotabek saat Lebaran masih tinggi.

Berdasarkan data Jasa Marga, pergerakan kendaraan yang keluar Jabotabek melalui empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), masih cukup tinggi.
 
Tercatat, volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 40,7 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 264.801 kendaraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif