Ilustrasi. Foto: dok MI/Andri Widiyanto.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Andri Widiyanto.

Jadi Kunci Pemulihan, Pelaku Usaha Diingatkan Lindungi Pekerja Lewat Vaksinasi

Husen Miftahudin • 03 Maret 2022 07:03
Jakarta: Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengingatkan para pelaku usaha untuk melindungi seluruh pekerjanya melalui vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang ketat, demi mendorong percepatan pemulihan sektor usaha.
 
"Prinsipnya kita harus menjaga agar tidak terjadi potensi penularan di masyarakat. Satu kunci adalah memperkuat imunitas publik melalui vaksinasi," ungkap Dicky dalam keterangan tertulis, Kamis, 3 Maret 2022.
 
Dicky menjelaskan, para pelaku usaha harus memastikan para karyawannya sudah mendapatkan vaksin setidaknya dosis kedua atau bahkan booster, khususnya bagi kelompok yang rentan. Selain vaksinasi bagi para karyawan, perusahaan juga dapat memfasilitasi vaksinasi bagi anggota keluarga karyawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain vaksinasi, pelaku usaha juga harus disiplin dan konsisten menerapkan protokol kesehatan di fasilitas produksi sebagai upaya preventif agar meminimalisasi penularan virus. Dicky mencontohkan, protokol kesehatan di lingkungan fasilitas produksi itu bukan hanya soal penggunaan masker N95, tetapi juga kualitas ventilasi dan sirkulasi udara yang baik.
 
"Protokol kesehatan yang tepat harus disesuaikan dengan setting pabrik masing-masing, karena setiap pabrik memiliki denah, lokasi, serta alur yang berbeda-beda. Yang disebut protokol kesehatan itu tidak general, harus spesifik," tegasnya.
 
Fasilitas produksi, tambah Dicky, bisa melakukan upaya-upaya lain untuk meminimalisasi penyebaran virus seperti menyediakan fasilitas sanitizer dan cuci tangan, transportasi antar-jemput bagi karyawan, fasilitas teknologi nirsentuh, melakukan disinfeksi secara berkala setiap pergantian shift, serta melakukan tracing secara berkala.
 
"Tentu semua hal ini tidak nol risiko, tetap ada risiko sehingga evaluasi harus tetap ada untuk memperbaiki prosedur," katanya.

Perusahaan gencar vaksin booster karyawan

Berbagai perusahaan di Indonesia mendukung program vaksinasi booster dan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. PT HM Sampoerna Tbk misalnya, menggencarkan program vaksinasi booster bagi seluruh pekerjanya.
 
Sebagai tahap awal, pada Februari 2022 Sampoerna telah memfasilitasi vaksin bagi karyawannya di sejumlah pabrik, seperti Karawang, Malang, Kraksaan, dan Surabaya. Sampoerna menargetkan seluruh karyawannya dengan total sekitar 65 ribu tenaga kerja, baik langsung maupun tidak langsung, menerima vaksin booster pada akhir Juni 2022.
 
"Kami percaya vaksinasi dapat menjadi salah satu jalan untuk kita bisa keluar dari pandemi ini. Oleh karena itu, kami terus melakukan upaya untuk memastikan seluruh karyawan dapat menerima vaksin dosis ketiga atau booster," kata Direktur Sampoerna Elvira Lianita.
 
Perusahaan lainnya yang turut menggencarkan vaksinasi booster adalah PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) kepada para pekerja, pensiunan, dan keluarga dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi, perlindungan kesehatan, dan peningkatan imunitas publik.
 
"Vaksinasi booster dilakukan sebagai langkah lanjutan perusahaan dalam melindungi pekerja sekaligus mendukung program vaksinasi booster yang digencarkan pemerintah," ujar Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PGN Beni Syarif Hidayat.
 
Hingga Februari 2022, tercatat sudah ada sebanyak 1.899 peserta yang sudah mendapatkan vaksin booster dari target 4.860 peserta. Selain di Jakarta, vaksinasi booster yang difasilitasi PGN juga telah dilakukan di Surabaya dan Medan.
 
"Program vaksinasi tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas total dari covid-19. Vaksinasi juga tidak serta merta menggantikan implementasi protokol kesehatan. Kami tetap mengimbau kepada seluruh pekerja dan mitra kerja untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 di setiap kegiatan di manapun berada," tutup Beni.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif