Ilustrasi penumpang kereta api jarak jauh - - Foto: dok KAI
Ilustrasi penumpang kereta api jarak jauh - - Foto: dok KAI

43% Tiket Kereta Jarak Jauh Ludes Terjual untuk Mudik

Ekonomi Mudik Lebaran kereta api PT KAI Kereta Api Jarak Jauh Mudik Lebaran 2022
Insi Nantika Jelita • 18 April 2022 22:12
Jakarta: Direktur Operasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) Awan Hermawan Purwadinata mengungkapkan, dari 2,4 juta kapasitas kursi penumpang kereta api (KA) jarak jauh yang disediakan untuk mudik Lebaran 2022, 43 persen telah ludes terjual.
 
"Sampai dengan saat ini sudah sejuta lebih (tiket KA jarak jauh) terjual, masih banyak juga tempat duduk yang kosong," ujarnya dalam Webinar Mudik Aman Mudik Sehat FMB9, Senin, 18 April 2022.
 
Secara total, tiket kereta api dari jarak jauh maupun jarak dekat atau reguler yang disediakan KAI mencapai 4,7 juta kursi untuk periode Angkutan Lebaran 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk kereta api jarak jauh, kami persiapkan secara keseluruhan ada 355 kereta, dengan penambahan 35 kereta api," tambah Awan.
 
Kemudian, ada 459 lokomotif yang terdiri dari kereta jarak jauh maupun jarak dekat reguler dengan jumlah kereta yang siap beroperasi 1.605 unit. Awan mengatakan KAI menggelar Posko Terpadu Angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 22 April hingga 13 Mei 2022.
 
Dalam keterangan pers KAI disebutkan, mengacu SE Kemenhub Nomor 39 Tahun 2022, syarat utama naik KA jarak jauh ialah sudah vaksin ketiga (booster) dan tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening covid-19.
 
Bagi yang baru mendapat vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam. Untuk yang vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam
 
Sementara, bagi penumpang yang sama sekali belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

 
Pelanggan dengan usia di bawah enam tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif