Gojek menutup tiga layanan non inti yaitu GoMassage dan GoClean, serta GoFood Festival yang termasuk dalam layanan GoLife. Foto: Dok. Golife
Gojek menutup tiga layanan non inti yaitu GoMassage dan GoClean, serta GoFood Festival yang termasuk dalam layanan GoLife. Foto: Dok. Golife

Alasan Gojek Tutup Layanan GoMassage dan GoClean, GoFood Festival

Ekonomi gojek PHK
Annisa ayu artanti • 24 Juni 2020 12:10
Jakarta: Gojek akan fokus terhadap bisnis inti dengan menutup tiga layanan non inti yaitu GoMassage dan GoClean, serta GoFood Festival. Ketiga layanan tersebut termasuk dalam layanan GoLife.
 
Keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi atas situasi makro ekonomi dan perubahan perilaku masyarakat terkini. Dampak pandemi covid-19, masyarakat saat ini menjadi lebih waspada terhadap aktivitas yang melibatkan kontak fisik ataupun kegiatan yang tidak memungkinkan untuk berjaga jarak.
 
"Kita harus merespons apa yang terjadi di luar sana dan meningkatkan fokus untuk membangun bisnis yang kokoh, lebih efisien yang dapat terus bertahan seiring dengan berjalannya waktu dan tetap relevan dengan kondisi yang ada," kata Co-CEO Gojek Andre Soelis dalam townhall meeting, dikutip Medcom.id, Rabu, 24 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut Andre menjelaskan, layanan GoLife dan GoFood Festival membutuhkan interaksi jarak dekat. Sementara selama covid-19 kedua layanan tersebut mengalami penurunan permintaan secara signifikan. Walhasil, keputusan menutup layanan tersebut harus dilakukan.
 
"Aplikasi GoLife dapat digunakan hingga 27 Juli 2020," sebutnya.
 
Dampak dari penutupan layanan tersebut adalah 430 karyawan atau sembilan persen dari total karyawan terpaksa harus di-PHK. Menurut manajemen keputusan PHK ini merupakan satu-satunya keputusan pengurangan karyawan yang Gojek lakukan di tengah situasi covid-19.
 
"Perjalanan menjadi semakin sulit karena kita harus berpisah dengan 430 karyawan, yang selama ini menjadi rekan kerja sehari-hari yang dekat dengan kita, lalu juga adanya penutupan GoLife dan GoFood Festival bisnis yang memiliki peran penting dalam sejarah Gojek," tukasnya.
 

(DEV)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif