Foto: dok Pertamina.
Foto: dok Pertamina.

Dukung Ekonomi Sibolga, Pertamina Hadirkan Depot Pesawat Udara

Suci Sedya Utami • 29 Agustus 2020 07:10
Sibolga: Sibolga punya beragam potensi wisata yang masih belum dimanfaatkan optimal. Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga merilis data jumlah wisatawan yang mengunjungi Sibolga pada 2017-2018 mencapai 77.960 orang.
 
Meski Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penurunan wisatawan asing ke Sumut mencapai 94,12 persen pada Mei 2020 akibat pandemi. Namun potensi wisata dan budaya Sibolga masih sangat besar untuk dikembangkan.
 
Demi mendukung pertumbuhan ekonomi Sibolga, Pertamina menghadikan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di Pinangsori, Tapanuli Tengah. DPPU ini dikelola oleh anak perusahaan Pertamina, Elnusa Petrofin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Peresmian lokasi baru DPPU Pinangsori yang melayani Bandara Dr Ferdinan Lumban Tobing merupakan bentuk dukungan Pertamina bagi perkembangan Sibolga. Kami menambah kapasitas penyimpanan avtur bahan bakar pesawat di DPPU Pinangsori. Sehingga DPPU siap menghadapi peningkatan frekuensi penerbangan," ujar General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Gema Iriandus Pahalawan dalam keterangan resminya, Sabtu, 29 Agustus 2020.
 
Pertamina, lanjut Gema, menambah tangki penyimpanan avtur dengan kapasitas 25 kiloliter (KL). Sehingga stok DPPU meningkat dari sebelumnya 35 KL menjadi sebesar 60 KL. Adapun pasokan Avtur bagi DPPU Pinangsori dikirim dari DPPU Kualanamu. Saat ini, Bandara Dr Ferdinan Lumban Tobing melayani maskapai penerbangan Citilink, Garuda, dan Wings Air dengan rata-rata lima kali penerbangan setiap harinya.
 
Senada dengan Gema, Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin mengatakan pengembangan DPPU Pinangsori merupakan upaya menuju kemandirian energi. Selain itu meningkatkan ketahanan suplai DPPU dari sebelumnya empat hari menjadi sepuluh hari.
 
"Harapan kami hal ini bisa makin memeratakan ketersediaan energi. Juga mendorong perkembangan Sibolga ke depannya," tutur Haris.
 
Meski masih didera pandemi covid-19, geliat aktivitas perekonomian di Kota Sibolga menunjukkan perbaikan. Hal ini diindikasikan dari meningkatnya konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas selama periode Agustus 2020 ini.
 
Dibandingkan periode yang sama bulan lalu, konsumsi Pertamax Turbo menunjukkan lonjakan tertinggi mencapai 84 persen. Disusul Pertamax yang konsumsinya meningkat 21 persen, dan Pertalite yang mengekor dengan peningkatan konsumsi tujuh persen.
 
Untuk BBM berkualitas jenis diesel, konsumsi masyarakat akan Pertamina Dex bertambah 59 persen. Sementara dexlite juga naik enam persen, jika dibandingkan periode yang sama bulan lalu.
 
"Ketersediaan energi, berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi. Kami berharap, dengan telah diresmikannya kedua infrastruktur tersebut bisa memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat Sibolga," pungkas Gema.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif