Ilustrasi produk batik tenun lokal - - Foto: Antara/ Yusran
Ilustrasi produk batik tenun lokal - - Foto: Antara/ Yusran

Pemerintah Optimalkan Program Bangga Buatan Indonesia

Ekonomi Produk Dalam Negeri Sandiaga Uno Hari Belanja Diskon Indonesia Kemenparekraf Pusat Perbelanjaan Bangga Buatan Indonesia
Husen Miftahudin • 10 Juli 2021 18:42
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus memberikan dukungan pada penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang diselenggarakan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo).
 
Sandiaga berharap program vaksinasi turut mendukung program-program pemerintah seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI). HBDI diluncurkan beberapa hari lalu bersamaan dengan program vaksinasi kepada para difabel yang juga diselenggarakan Hippindo.
 
"Kami bangga mendukung penyelenggaraan HBDI. Saya, Wamendag (Wakil Menteri Perdagangan) Jerry Sambuaga dan Menteri Koperasi UKM berharap ini bisa menjadi satu kesatuan dengan program lain seperti Bangga Buatan Indonesia," tutur Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 10 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Waki Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjelaskan pihaknya terus memberikan fasilitasi dan dorongan kepada pelaku usaha di semua level agar bertahan, bangkit, dan tumbuh. Apalagi  performa perdagangan dalam negeri turut memiliki andil dalam membendung dampak covid-19.
 
"Selain itu, perdagangan luar negeri Indonesia juga terus mencatat tren surplus sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya mitigasi ekonomi sebagai akibat covid-19," sebut Jerry.
 
Ia menekankan pemerintah akan terus berupaya mengintegrasikan berbagai program yang diusung oleh pelaku usaha dan stakeholder lain dengan program-program seperti Bangga Buatan Indonesia. Menurutnya, ini adalah langkah konkret agar pelaku usaha dan produsen bisa mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri.
 
"Sebenarnya potensi pasar domestik Indonesia sendiri sangat besar. Kalau kita memakai produk dalam negeri tentu ini akan menjadi kekuatan yang sangat besar dalam menguatkan struktur ekonomi Indonesia. Karena itu, mari kita terus mencintai, membeli, dan memakai produk dalam negeri," harap Jerry.
 
Jerry menambahkan akses pasar yang dipunyai peritel yang tergabung dalam Hippindo akan menjadi kekuatan tersendiri dalam membangkitkan perekonomian domestik. Pasalnya, mereka berhubungan langsung dengan konsumen, perilaku, dan daya beli masyarakat yang menjadi indikator kemampuan dan gaya konsumsi masyarakat.
 
"Semua bekerja, pemerintah bekerja, swasta bekerja, elemen masyarakat bekerja. Mari perkuat kerja sama agar hasilnya lebih optimal," tegas Jerry.
 
Peluncuran program HBDI dibarengi dengan program vaksinasi untuk difabel. Vaksinasi kali ini adalah kelanjutan dari program vaksinasi Hippindo yang telah dilakukan beberapa kali. Upaya Hippindo memberikan vaksinasi kepada para difabel dimaksudkan untuk menunjukkan kepedulian anggota Hippindo kepada mereka yang dianggap punya kemampuan fisik berbeda.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif