Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

GoPay Gandeng BPKN Perkuat Keamanan Transaksi Digital

Ekonomi gojek go-pay perlindungan data pribadi
Angga Bratadharma • 18 November 2021 06:47
Jakarta: GoPay terus memperkuat inisiatif perlindungan konsumen di Indonesia. Salah satu upaya penguatan yang dilakukan yakni dengan menggandeng Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) untuk mengedukasi masyarakat mengenai hak perlindungan konsumen dan bagaimana mengklaim hak tersebut.
 
Wakil Ketua BPKN RI Muhammad Mufti Mubarok menjelaskan penting untuk konsumen memahami hak-haknya serta bagaimana mengklaim hak tersebut agar konsumen lebih nyaman dan aman beraktivitas di platform digital. Pasalnya, kepercayaan konsumen adalah modal utama perekonomian negara.
 
Ia menambahkan BPKN senantiasa mendorong ekosistem usaha yang kondusif, di mana konsumen paham dan dapat memperoleh hak mereka dan pelaku usaha juga sigap dan responsif terhadap pengaduan konsumen. Di 2021, jumlah pengaduan yang diterima BPKN meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal tersebut merupakan salah satu poin yang mengindikasikan bahwa kesadaran dan pemahaman konsumen yang meningkat akan haknya. Hal ini tentunya harus diimbangi kepatuhan dan tindakan responsif dari pelaku usaha untuk menanggapi pengaduan dan memulihkan hak konsumen yang merugi," kata Mufti Mubarok, dalam konferensi pers virtual, Rabu, 17 November 2021.
 
Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria mengatakan GoPay berkomitmen memberikan perlindungan yang menyeluruh bagi konsumen lewat inisiatif Aman Bersama GoPay dengan fokus pada tiga pilar yakni teknologi, edukasi, dan proteksi.
 
"Tidak hanya mengandalkan teknologi cyber security canggih kelas dunia, kami juga mengedepankan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia mengenai keamanan digital," tuturnya.
 
Program perlindungan GoPay dimulai dengan Jaminan Saldo Kembali yang dapat diklaim konsumen jika terjadi kehilangan saldo GoPay akibat hal yang terjadi di luar kendali konsumen, seperti pengambilalihan akun secara paksa, serta jika kehilangan ponsel bersama saldo GoPay didalamnya.
 
Kerja sama dengan BPKN melengkapi program proteksi ini dengan memberikan edukasi aspek-aspek dan hak perlindungan konsumen dalam transaksi digital. Lewat kolaborasi ini, konsumen bisa mendapatkan pemahaman akan hak-hak perlindungan konsumen berdasarkan peraturan perundang-undangan, termasuk hak penyelesaian permasalahan berdasarkan proses yang sesuai.
 
"Berdasarkan pengalaman kami, kecepatan penyelesaian kasus bersama GoPay terhadap pengaduan konsumen sangat cepat. Semoga bisa menjadi contoh bagi pemain lain," pungkas Mufti.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif