"Kami meyakini intervensi teknologi bisa menaikkan produktivitas dan kualitas UMKM dalam negeri. Digitalisasi bukan hanya masuk ke pasar digital tetapi juga harus memanfaatkan smart factory maupun Internet of Things (IoT)," ujar Teten dalam keterangan tertulis, Rabu, 2 Oktober 2024.
Selain itu, pameran bertaraf internasional menjadi upaya mengenalkan produk lokal. Hal ini menjadi salah satu alasan Kemenkop UKM menggelar pameran Cerita Nusantara bertajuk Dari Indonesia untuk Dunia.
"Potensi (produk lokal) besar ini belum sepenuhnya terekspos secara global. Itu mengapa, Cerita Nusantara 2024 hadir untuk menjembatani kekayaan lokal ini dengan pasar dunia," jelas Teten.
Baca juga: Mantap! Omzet UMKM Pertamina Tembus Rp1,1 Miliar Selama Moto GP Mandalika |
Teten menyebut kegiatan ini menjadi ajang bagi para buyer lokal dan dunia untuk bisa melihat produk-produk UMKM Indonesia. Ia optimistis produk Indonesia dapat menjadi bagian penting dari rantai pasok global.
"Kami ingin memastikan produk-produk lokal tidak hanya dikenal, tetapi juga diminati oleh dunia," katanya.
Sementara itu, Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah juga optimistis, produk unggulan yang dipamerkan akan mampu menembus pasar ekspor. Ia mendorong keterlibatan dari dunia perbankan dan pihak terkait lainnya.
"Dukungan penuh dari para kolaborator, dunia perbankan, dan semua pihak, diharapkan dapat menjadikan kegiatan Cerita Nusantara sebagai ajang bagi para buyer lokal dan dunia untuk bisa melihat produk-produk UMKM Indonesia," ucapnya.
Siti menyebut sudah tiga tahun pameran Citra Nusantara digelar. Pihaknya telah berhasil membantu lebih dari 10.000 UMKM dan wirausahawan di seluruh Indonesia.
"Khusus penyelenggaraan tahun ini, mudah-mudahan bisa mendatangkan lebih 10 ribu pengunjung, dengan transaksi Rp10 miliar," ungkapnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id