Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Kembangkan Ekraf, Sandiaga Berkomitmen Dukung Milenial

M Sholahadhin Azhar • 03 Juli 2022 20:35
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno fokus mengembangkan sektor ekonomi kreatif (ekraf). Sandiaga mendukung penuh dengan memberikan bantuan pada milenial untuk menunjang kreativitas mereka.
 
Salah satu dukungan diberikan kepada Ade Kurniawan, 21, pemuda yang memanfaatkan limbah jagung di Desa Wisata Widosari, Daerah Istimewa Yogyakarta. "Produk olahan limbah jagung ini menurut saya punya keunikan tersendiri," kata Sandiaga melalui keterangan tertulis, Minggu, 3 Juli 2022.
 
Adi membuat lukisan dari limbah jagung untuk dijual sebagai suvenir kepada wisatawan. Sandiaga menyebut hal itu menjadi pembeda dan harus dikembangkan untuk memaksimalkan ekraf.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti kita jadikan sebagai sebuah inspirasi yang bermanfaat bagi anak-anak muda," kata Sandiaga.
 

Baca: Sandiaga Disebut Maksimalkan Ekraf Ciptakan Lapangan Kerja


Sandiaga memberikan bantuan sejumlah mesin yang membantu kegiatan produksinya. Bantuan tersebut ialah mesin bor, mesin gerinda, mesin gergaji, hingga mesin amplas.
 
"Ini akan saya antarkan langsung, ini mesinnya. Ini dia mesinnya yang dibutuhkan, sudah ada di sini untuk membantu alat produksi," kata Sandiaga.
 
Kedatangan Sandiaga Uno ke Desa Wisata Widosari terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa tersebut terpilih sebagai 50 besar desa/kampung wisata terbaik.
 
Desa ini menawarkan wisata alam seperti Puncak Widosari dan kebun teh Kemadon. Kemudian, ada Rajendra Farm di mana pengunjung bisa melihat domba-domba dan kambing.
 
Pengunjung juga bisa melihat sejumlah kesenian seperti wayang kulit, kuda lumping, tari bangilun hingga tari lengger tapeng. Adapula beragam kuliner seperti teh sangrai Widosari, kopi, dan enting-enting jahe.
 
(ADN)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif