Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meninjau Pelabuhan Panjang. Foto : Medcom.id/Annisa Ayu.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meninjau Pelabuhan Panjang. Foto : Medcom.id/Annisa Ayu.

Pelabuhan Panjang Mampu Antisipasi Lonjakan Arus Balik

Ekonomi BUMN arus balik pelni Kementerian BUMN Lebaran 2022 Mudik 2022
Annisa ayu artanti • 04 Mei 2022 15:05
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memproyeksikan Pelabuhan Panjang menjadi alternatif lonjakan penumpang yang ada di Pelabuhan Bakauheni.
 
Ia menyebutkan angkutan Lebaran di Pelabuhan Merak mencatat terjadi kenaikan sebanyak 190.545 kendaraan pada 2019 menjadi 209.460 kendaraan pada 2022 atau naik sepuluh persen.
 
Kenaikan terbesar berasal dari kendaraan roda empat yang melonjak hingga 27 persen yakni sebanyak 112.139 unit mobil dibandingkan pada 2019 yang sebanyak 88.626 unit mobil. Sementara, kenaikan penumpang tercatat sebesar 2,5 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berharap Pelabuhan Panjang mampu mengantisipasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Bakauheni pada arus balik lebaran ini," kata Erick saat meninjau persiapan arus balik di Pelabuhan Panjang di Kota Bandar Lampung, Rabu, 4 Mei 2022.
 
Ia juga menyampaikan PT Pelni (Persero) telah menyiapkan dua kapal untuk membantu perjalanan pemudik dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan, Banten.
 
Ia berharap kehadiran Pelabuhan Panjang dapat menjadi solusi dalam mengurai antrean di Pelabuhan Bakauheni dan memastikan layanan angkutan Lebaran pada arus balik tetap berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat.
 
"Tentu dengan penugasan kepada kami, Kementerian BUMN terus memaksimalkan apakah Pelindo sebagai pelabuhan, Pelni di perkapalan dan ASDP di penyeberangan, insyaAllah dengan niat naik kita bisa selesaikan masalah-masalah di lapangan," pungkas Erick.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif