Pengunjung berlibur Lebaran di Pelabuhan Ratu. Foto: dok MI/Benny Bastiandy.
Pengunjung berlibur Lebaran di Pelabuhan Ratu. Foto: dok MI/Benny Bastiandy.

Perputaran Uang Selama Libur Lebaran Ditaksir Rp250 Triliun

Ekonomi liburan transportasi Uang Beredar Industri Hotel Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Insi Nantika Jelita • 04 Mei 2022 20:25
Jakarta: Kalangan ekonom memprediksi adanya perputaran uang dengan jumlah besar hingga ratusan triliun rupiah dalam libur Lebaran kali ini. Aktivitas mudik dinilai mendorong permintaan pada berbagai sektor. Mulai dari jasa transportasi, pakaian jadi, makanan minuman, perhotelan, hingga jasa telekomunikasi.
 
"Total uang kartal beredar selama Lebaran diperkirakan tumbuh menjadi Rp250 triliun, atau naik di atas 60 persen dibanding tahun lalu," ujar Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira, dilansir Mediaindonesia.com, Rabu, 4 Mei 2022.
 
Menurutnya, pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) penuh bagi pegawai swasta maupun ASN, bisa memicu pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang lebih tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masyarakat kelas menengah yang selama pandemi covid-19 menahan uangnya di bank atau deposito, sudah tidak sabar membelanjakan uangnya saat Lebaran," jelas Bhima.
 
Secara umum, sektor pariwisata diperkirakan tumbuh jauh lebih tinggi dibandingkan dua tahun sebelumnya. Bhima menyoroti okupansi hotel yang rata-rata di kisaran 80 persen. Lalu, tempat rekreasi dan fasilitas pendukung wisata juga akan terdorong dengan momen mudik Lebaran.
 
"Saat menggunakan jalan tol misalnya, belanja wisata sudah bisa tercatat di rest area. Warung makan dan toko yang menjual oleh-oleh ikut naik omzetnya," imbuhnya.
 
Mudik Lebaran juga berdampak positif pada sektot transportasi. Pelaku usaha di sektor jasa transportasi, khususnya darat, mulai ekspansi kembali dengan menambah armada, rute, serta frekuensi baru. Apalagi, lanjut dia, pada puncak mudik tahun ini diperkirakan sektor transprotasi darat akan menjadi pilihan. Sebab, biayanya lebih murah dibandingkan membawa kendaraan pribadi.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif