baca juga: IKN Sudah Terhubung Jalan, Tapi Belum Bisa Full Jalan Tol |
"Secara garis besar, hasil kajian mengenai mekanisme penerapan LVC untuk mendukung pembangunan proyek infrastruktur jalan tol telah dilakukan oleh Kemenko Perekonomian," ujar Staf Khusus Bidang Percepatan Pengembangan Wilayah, Pembangunan Infrastruktur, dan Investasi Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo dalam keterangan tertulis, Kamis, 1 Agustus 2024.
Penyusunan payung hukum penerapan LVC
Terkait kerangka regulasi, saat ini sedang dalam tahap penyusunan payung hukum untuk penerapan LVC di Indonesia."Diharapkan penerapan LVC dapat memberikan keuntungan kepada pemerintah dan investor dalam sektor infrastruktur, salah satunya investor jalan tol di Tanah Air," kata dia.
Wahyu Utomo mengatakan, peran pemerintah dalam memaksimalkan LVC dapat menjadi skema pemanfaatan peningkatan nilai ekonomi akibat adanya investasi pada sektor infrastruktur guna meningkatkan produktivitas ekonomi di Indonesia.
Penciptaan nilai kawasan dilakukan dengan inisiatif penciptaan nilai, baik yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan/atau badan usaha yang berdampak pada peningkatan nilai.
Tiga hal menjadi perhatian
Dalam rangka mendukung LVC ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu perencanaan (planning), implementasi LVC bagaimana mendelineasi suatu wilayah dan dampak dari suatu pembangunan, serta monitoring dan evaluasi.Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Triono Junoasmono menyampaikan instrumen implementasi skema LVC dibagi menjadi dua, yaitu LVC berbasis pajak dan biaya. Skema ini diolah oleh pemerintah daerah atau kementerian/lembaga dan dilaksanakan bagi hasil pajak dengan pemerintah pusat.
Memaksimalkan potensi kawasan
Sedangkan LVC berbasis pembangunan merupakan skema nilai yang dihasilkan oleh pengelola kawasan kemudian ditangkap oleh Badan Layanan Umum (BLU) yang mengadakan bagi hasil dan pemanfaatan keuntungan kawasan dengan Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK).Dengan demikian, nantinya diharapkan skema tersebut dapat memenuhi target pembangunan infrastruktur, khususnya terkait jalan dan jalan tol di Indonesia.
Direktur Utama Jasa Marga sekaligus Ketua Bidang II Investasi dan Pembiayaan Jalan HPJI Subakti Syukur menyampaikan creative financing yang menarik yaitu skema pembiayaan dari LVC dengan memanfaatkan peningkatan nilai tanah/lahan yang dipengaruhi oleh pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut.
"Pembiayaan dari LVC ini menggunakan sebagian dari peningkatan nilai ekonomi atas lahan akibat adanya kebijakan/investasi pada sektor infrastruktur, khususnya jaringan jalan nasional maupun jalan tol," ujar Subakti.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id