Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok Kementerian BUMN

11 BUMN Jadi Tumpuan Erick Thohir untuk Setor Dividen

Ekonomi BUMN setoran dividen dividen bumn Erick Thohir
Suci Sedya Utami • 22 September 2021 16:15
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan dari 41 perusahaan pelat merah yang mengalami restrukturisasi, hanya 11 BUMN yang dapat diandalkan untuk menyetorkan dividen ke negara.
 
Dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Erick menjelaskan hal tersebut sebagai prinsip pareto, yakni mayoritas dari kontribusi yang diberikan hanya disumbang atau diberikan dari sebagian BUMN.
 
"Kalau kita lihat sampai 2023-2024 memang itu dividen berdasarkan dari 11 BUMN saja," kata Erick, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 22 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara 30 BUMN lainnya, kata Erick, tidak akan dipaksakan untuk menyetorkan dividen. Terutama yang menjalankan penugasan publik dan tidak mampu meraih pendapatan yang tinggi.
 
"Misalnya KAI yang kondisi hari ini sulit untuk berikan dividen. Kita juga enggak memaksakan beberapa BUMN lain yang dekat dengan public service. Tapi tentu BUMN yang sangat korporasi kita harapkan peningkatan dividen," tutur dia.
 
Ppada skenario awal sebelum covid-19, Erick menargetkan dividen Rp43 triliun. Namun, pandemi membuat 90 persen BUMN terdampak, maka tahun lalu dividen yang disetorkan hanya Rp26 triliun.
 
Di tahun ini Kementerian BUMN menargetkan Rp33 triliun. Namun Komisi VI menantang untuk ditingkatkan ke Rp36 triliun. Lebih lanjut, ia menambahkan, besaran ini ditargetkan akan semakin meningkat di tahun mendatang.

 
"Untuk tahun depan yang hari ini Rp36 triliun kita usahakan balik ke Rp43 triliun. Memang targetnya di atas Rp40 triliun, jadi berikan waktu pada kita untuk adjust, kita sudah kumpulkan 108 direksi yang ada di BUMN, kita arahkan kepastian dividen," jelas dia.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif