Menteri ESDM Arifin Tasrif. Foto: Dokumentasi Kementerian ESDM
Menteri ESDM Arifin Tasrif. Foto: Dokumentasi Kementerian ESDM

Menteri ESDM Jualan Blok Migas Menjanjikan

Annisa ayu artanti • 21 September 2022 11:30
Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif terus menjajakan potensi hulu migas Indonesia di depan investor dalam gelaran Indonesian Petroleum Associations (IPA) 2022.
 
Dia bilang, potensi hulu migas Indonesia masih sangat besar. Saat ini terdapat 70 cekungan migas yang belum dikelola.
 
"Potensi investasi hulu migas Indonesia masih sangat besar. Kami memiliki 70 cekungan potensial yang belum dijelajahi yang ditawarkan untuk investor," kata Arifin, Rabu, 21 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arifin menjelaskan, saat ini pihaknya bersama KKKS tengah gencar melakukan eksplorasi di lima wilayah kerja di Indonesia Timur, yaitu Buton, Timor, Seram, Aru-Arafura, dan West Papua Onshore.
 
Baca juga: SKK Migas Gali Potensi Cadangan Migas Kalimantan dan Sulawesi 

Selain itu, terdapat juga empat proyek migas yang menjanjikan yaitu IDD Gendalo dan Gehem, Lapangan Jambaran Tiung Biru, Lapangan Abadi dan Tangguh Train-3. Wilayah kerja ini diharapkan dapat meningkatkan produksi migas sebesar 65 ribu BOPD dan 3.484 MMSCFD, dengan total investasi lebih dari Rp37 miliar.
 
Indonesia memiliki target satu juta barel minyak per hari dan 12 bscfd pada 2030. Untuk mencapainya pemerintah mendorong lebih banyak investasi hulu di Indonesia.
 
"Pemerintah telah melakukan beberapa terobosan kebijakan, melalui kontrak fleksibilitas (Cost Recovery PSC atau Gross Split PSC), peningkatan syarat & ketentuan pada putaran penawaran, insentif fiskal/non-fiskal, izin online pengajuan dan penyesuaian regulasi untuk yang tidak konvensional," tuturnya.
 
Arifin juga bilang akan mengumumkan lelang wilayah kerja migas putaran kedua 2022 yang terdiri dari lima kandidat penawaran langsung, satu kandidat penawaran langsung tersedia blok Paus, satu kandidat tender reguler dan satu penawaran langsung Kampar Barat.
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif