Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.
Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.

BBM Naik, Menhub Beri Subsidi Upah ke 16 Juta Pekerja Transportasi

Insi Nantika Jelita • 06 September 2022 08:47
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, untuk membantu meringankan beban para pelaku transportasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), bakal diberikan bantuan sosial (bansos) berupa subsidi upah.
 
Bantuan ini diberikan kepada 16 juta pekerja transportasi yang bergaji maksimal Rp3,5 juta per bulan. Serta, subsidi di sektor transportasi untuk para pengemudi angkot, ojek online, ojek pangkalan, dan nelayan. Penyaluran bansos dilakukan oleh masing-masing pemda.
 
"Kami sangat menyadari dampak penyesuaian harga BBM ini terhadap angka inflasi," kata Budi dalam keterangannya, dikutip Selasa, 6 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sektor transportasi menjadi sektor yang paling terdampak dengan adanya penyesuaian harga BBM bersubsidi. Terlebih peran transportasi bagi penyangga mobilitas masyarakat serta arus barang yang menjadi backbone perekonomian nasional.
 
"Komponen bahan bakar yang cukup besar pada operasional layanan transportasi, yaitu berkisar 11 persen sampai 40 persen, sehingga berbagai penyesuaian pun harus kami lakukan," ucap Menhub.
 
Baca juga: BBM Bersubsidi Naik, Menhub Segera Lakukan Penyesuaian Tarif Transportasi

 
Beberapa langkah yang dilakukan Kemenhub yaitu melakukan penyesuaian tarif angkutan umum kelas ekonomi, khususnya pada moda transportasi darat. Kajian yang akan dilakukan yaitu terkait tarif penumpang ekonomi angkutan antar kota antar provinsi (AKAP).
 
"Besaran tarif akan ditentukan oleh kajian yang tengah kami lakukan, dan hasilnya akan kami sampaikan dalam waktu dekat," ujar Menhub.
 
Kemudian, langkah selanjutnya yaitu akan segera menetapkan penyesuaian tarif ojek online dalam waktu dua hari ke depan.

 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif