Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Perkuat UMKM Kuliner, Sandiaga: Serap 9,5 Juta Tenaga Kerja

Antara • 27 November 2022 21:24
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berkomitmen memperkuat meningkatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Khususnya, di bidang kuliner karena diyakini bisa mendongkrak perekonomian.
 
"Sektor kuliner juga menyerap tenaga kerja sebesar 9,5 juta orang, yang mana ini turut memberi dampak besar pastinya terhadap perekonomian Indonesia," kata Sandiaga melalui keterangan tertulis, Minggu, 27 November 2022.
 
Sandiaga mengatakan UMKM kuliner merupakan salah satu elemen masyarakat yang ikut membantu pemulihan ekonomi nasional pascapandemi covid-19 melanda. Sebanyak Rp455,5 triliun pendapatan negara dari sektor ekonomi kreatif disumbang oleh UMKM kuliner pada 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu kenapa kami bertanggung jawab mendukung kebangkitan UMKM, termasuk UMKM kuliner," ujar Sandiaga.
 

Baca: Penjualan UMKM di Platform Online Tumbuh 1,9 Kali Lebih Baik Dibanding Offline


Research Director NielsenIQ Anindita Septadiani menyebut UMKM di Indonesia kini tengah bangkit. Data dari pihaknya sudah memberikan buktinya.
 
"Dari 27 persenpada Q2 2021 menjadi 30 persen dari total biaya pengeluaran rumah tangga pada Q2 2022," ucap Anindita.
 
President Director Mondelez Indonesia  Parveen Dalal berharap pelaku UMKM bisa jeli melihat perkembangan pasar. Memanfaatkan peluang yang baik diyakini bisa membuat bisnis berkembang.
 
"Pentingnya mengikuti tren yang sedang berkembang, karena berdasarkan hasil survei The State of Snacking tahun 2021, diketahui bahwa konsumen semakin selektif dalam memilih camilan, sehingga menjadikan persaingan di industri kuliner semakin ketat dan memberi tantangan baru bagi pelaku UMKM kuliner,"
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif