Dengan Flip, Anda bisa melakukan top up DANA, Shopeepay, atau dompet digital lainnya dengan cepat (Foto:Dok.Flip)
Dengan Flip, Anda bisa melakukan top up DANA, Shopeepay, atau dompet digital lainnya dengan cepat (Foto:Dok.Flip)

Perkembangan E-wallet di Indonesia dan Manfaat Sehari-hari

Rosa Anggreati • 06 Januari 2022 11:40
Jakarta: Dompet digital sekarang ini sudah menjadi kebutuhan penting bagi hampir semua orang. Adanya dompet digital atau e-wallet ini memberikan banyak kemudahan transaksi finansial hanya menggunakan smartphone.
 
Perkembangan e-wallet di Indonesia terbilang pesat apalagi sejak ada pandemi covid-19 yang membuat masyarakat melakukan segala sesuatunya di rumah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.


Seperti Apa Perkembangan E-Wallet di Indonesia?
 

Dompet digital di tengah masyarakat Indonesia semakin diminati. Transaksi dengan alat pembayaran online satu ini semakin naik setiap harinya. Penggunaannya yang mudah serta layanan yang beragam adalah faktor yang mendorong dompet digital ini semakin banyak digunakan di tengah masyarakat Tanah Air.
 
Secara sederhana, e-wallet ini adalah pengganti dari dompet fisik serta uang tunai. Tanpa perlu membawa kartu ATM dan kartu lain, tidak perlu juga membawa uang tunai, atau ribet ambil uang tunai di ATM, dompet digital bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi finansial.
Ada beberapa dompet digital yang sangat populer di Indonesia, seperti DANA, GoPay, OVO, dan juga Shopeepay. Banyak masyarakat yang menggunakan berbagai aplikasi ini karena kaya fitur dan sangat mudah untuk digunakan.


Manfaat E-Wallet di Kehidupan Sehari-Hari


Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dengan menggunakan e-wallet:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Praktis dan Efisien
 
Dompet digital di kehidupan sehari-hari sangat praktis digunakan dan lebih efisien. Pengguna e-wallet tidak perlu lagi bingung mencari mesin ATM untuk mengambil uang tunai saat akan melakukan pembayaran. Transaksi finansial apa saja cukup menggunakan smartphone dengan satu aplikasi dompet digital. Pengguna e-wallet bisa lebih mudah melakukan pembelian barang hingga melakukan pembayaran tagihan.
 
Jika biasanya untuk membeli sesuatu harus antri dan datang ke tokonya langsung, melalui dompet digital cukup mencari toko barang yang dibutuhkan dan membeli secara online. Tunggu barang dikirim ke rumah dan transaksi pun selesai. Begitu pula dengan pembayaran tagihan seperti listrik atau BPJS. Tidak perlu lagi antri dulu, langsung saja buka aplikasi dompet digital dan lakukan pembayaran tagihan apa saja di situ.
 
2. Banyak Promo dan Diskon
 
Saat melakukan transaksi menggunakan dompet digital, ada banyak sekali promo dan diskon yang ditawarkan merchant yang bekerja sama dengan e-wallet terkait. Ini akan sangat menguntungkan bagi pengguna e-wallet. Promo atau diskon bisa diambil dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga bisa lebih hemat lagi. Biasanya ada cashback, gift, dan promo menarik lainnya yang ditawarkan merchant pada pengguna e-wallet.
 
3. Aman
 
Meski dilakukan secara online, keamanan data pengguna dan transaksi yang sudah dilakukan akan terjaga keamanannya. Pengguna tidak perlu khawatir akan terjadi penipuan atau pencurian data sebab dompet digital di sini sudah diawasi langsung oleh OJK dan BI serta memiliki keamanan masing-masing. Selain itu, dompet digital juga lebih aman karena tidak akan mudah hilang atau jatuh.
 
4. Terdapat History atau Riwayat Pemakaian
 
Menggunakan dompet digital juga bisa membantu dalam laporan keuangan meski penggunaan pribadi. Setiap transaksi akan tercatat secara jelas dan rinci di history transaksi. Data tersebut bisa dijadikan informasi dalam membuat laporan keuangan pribadi. Pengeluaran sekecil apapun jadi bisa terlihat sehingga pengeluaran bulanan bisa dikontrol.
 
Manfaat yang cukup banyak dan semuanya memiliki peran penting di kehidupan sehari-hari membuat perkembangan aplikasi dompet digital bisa berkembang dengan pesat. Penggunaan e-wallet tentu akan semakin lancar jika saldo yang ada di dalamnya senantiasa terisi. Untuk urusan top up, Anda bisa mempercayakannya pada aplikasi Flip.
 
Mengapa harus Flip? Sebab dengan Flip, Anda bisa melakukan top up DANA, Shopeepay, atau dompet digital lainnya dengan cepat. Apalagi Anda juga tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk biaya admin alias gratis! Proses transfer juga terbilang mudah bahkan bagi para pemula. Bahkan kini fitur Saldo Flip sudah bisa digunakan untuk transfer uang ke lebih dari 100 bank di Indonesia, sehingga Anda tidak perlu aplikasi lain. Anda juga tidak perlu pergi keluar rumah hanya untuk mengisi saldo. Lalu, apakah Flip aman?
 
Keamanan adalah hal terpenting yang selalu Flip kedepankan. Flip telah mendapatkan izin lisensi dari Bank Indonesia sejak tanggal 4 Oktober 2016 dengan nomor 18/196/DKSP/68. Flip tidak berada pada perizinan OJK, sebab Flip adalah perusahaan transfer dana yang berada di bawah pengawasan Bank Indonesia. Jadi transaksi yang Anda lakukan terjamin aman dan legal!


 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif