Ilustrasi. FOTO: dok BPDP
Ilustrasi. FOTO: dok BPDP

Saatnya Petani Nikmati Nilai Tambah Hilirisasi Produk Sawit

Antara • 07 Juli 2022 09:44
Banjarmasin: Kepala Pusat Studi Kelapa Sawit Kalimantan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Susi mengatakan sudah saatnya petani menikmati nilai tambah dari hilirisasi produk sawit yang terus didorong pemerintah secara maksimal.
 
"Kalau hilirisasi ini bisa maksimal kami yakin tidak ada lagi petani sawit yang menjerit anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS)," kata dia, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dilansir dari Antara, Kamis, 7 Juli 2022.
 
Susi mengungkapkan 40 persen lebih dari total luas lahan perkebunan kelapa sawit yang mencapai 15,08 juta hektare di Indonesia merupakan milik petani. Meski begitu, selama ini hanya segelintir orang yang menikmati hasil industrinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, petani hanya menggantungkan hidup dari penjualan TBS yang harganya sulit merangkak naik meski di kala terjadinya peningkatan penjualan ataupun ekspor crude palm oil atau CPO. "Bahkan saat gelojak kenaikan harga minyak goreng di tingkat konsumen, petani sawit tidak mendapatkan keuntungan apapun dari situasi ini," kata Susi.
Baca: G20 Rekomendasikan Ada Intervensi Teknologi di Sektor Pertanian

Untuk itu, produk hilir kelapa sawit terutama skala Usaha Kecil Mikro dan Koperasi (UKMK) yang bisa melibatkan langsung petani di dalam bisnisnya dinilai paling tepat menjadi solusi pengembangan kelapa sawit berkelanjutan.
 
Sedangkan menyangkut TBS, dia berharap, ada ketetapan harga oleh pemerintah yang tak sekadar hanya harga acuan namun wajib dipatuhi bagi pembeli sebagai legal formal demi bisnis kelapa sawit lebih berkeadilan mulai hulu sampai hilir.
 
"Baru-baru ini kita dengar petani menjual TBS ke Malaysia Rp4.500 per kilogram. Hal ini wajar mengingat dalam negeri cuma dihargai Rp1.000. Tentu ini fenomena miris dan harus disikapi serius pemerintah," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif