Pasardesa.id, aplikasi buatan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Panggung Lestari, berdampak besar bagi warga Desa Panggungharjo, Yogyakarta (Foto:Medcom.id/Rosa Anggreati)
Pasardesa.id, aplikasi buatan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Panggung Lestari, berdampak besar bagi warga Desa Panggungharjo, Yogyakarta (Foto:Medcom.id/Rosa Anggreati)

Aplikasi Buatan BUMDes Panggung Lestari Raih Penjualan Ratusan Juta Rupiah

Ekonomi bumdes Berita Kominfo BAKTI UMKM Indonesia
Gervin Nathaniel Purba • 25 Desember 2020 12:41
Bantul: Pasardesa.id, aplikasi buatan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Panggung Lestari, berdampak besar bagi warga Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Marketplace itu meraih penjualan kotor mencapai ratusan juta rupiah.
 
"Penjualan kotor 25 hari pertama tembus sekitar Rp100 jutaan," ujar CEO Pasardesa.id Sholahudin Nuramzy.
 
Pasardesa.id ditujukan bagi warga desa penerima bantuan langsung tunai (BLT) untuk membeli kebutuhan rumah tangga. Dari stok pangan, hingga barang elektronik, semuanya tersedia pada Pasardesa.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sama seperti sistem belanja daring lainnya, Pasardesa.id ini mengirim barang pesanan warga hingga ke rumah. Inovasi ini turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi desa pada situasi pandemi covid-19.
 
BUMDes Panggung Lestari didirkan sejak 2013 dan sudah berkembang pesat selama empat tahun terakhir.
 
Pendapatan BUMDes Panggung Lestari terus mengalami peningkatan pada periode 2016 hingga 2019. Dari Rp1,3 miliar pada 2016, hingga Rp6,2 miliar pada 2019.
 
Peluncuran Pasardesa.id merupakan bentuk inovasi dari BUMDes Panggung Lestari agar usahanya tetap berjalan pada pandemi. Sebab, pandemi sempat membuat pendapatan BUMDes itu menurun pada triwulan I-2020.

 
(ROS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif