Dengan menggandeng PT Smoot Motor Indonesia, Pos Indonesia meluncurkan Oranger Mawar, di Poc Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat, pada Rabu, 10 November 2021 (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
Dengan menggandeng PT Smoot Motor Indonesia, Pos Indonesia meluncurkan Oranger Mawar, di Poc Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat, pada Rabu, 10 November 2021 (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)

Oranger Mawar, Inovasi Layanan Terkini Pos Indonesia Berdayakan Perempuan

Rosa Anggreati • 10 November 2021 19:11
Jakarta: PT Pos Indonesia (Persero) kembali melakukan inovasi layanan. Kali ini dengan menggandeng PT Smoot Motor Indonesia, Pos Indonesia meluncurkan Oranger Mawar, di Poc Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat, pada Rabu, 10 November 2021. 
 
Apa itu Oranger Mawar? Oranger Mawar adalah mitra kurir perempuan tangguh untuk mengantarkan harapan Indonesia dengan penuh cinta dan semangat seperti mawar yang merekah.
 
"Oranger Mawar merupakan program pemberdayaan perempuan dengan mengesampingkan latar belakang pendidikan, pengalaman, maupun status sosial," ucap Direktur Utama Pos Indonesia Faizal R Djoemadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pos Indonesia bekerja sama dengan PT Smoot Motor Indonesia untuk menyediakan motor listrik Smoot sebagai sarana kurir perempuan Oranger Mawar melaksanakan tugasnya.
 
"Kami menyadari banyak wanita yang butuh pekerjaan, tapi belum punya motor. Maka kami menggandeng Smoot untuk menyediakan motor listrik," kata Faizal.
 
Para perempuan tangguh yang bergabung dalam Oranger Mawar akan diberikan kemudahan untuk memiliki motor listrik Smoot melalui fasilitas kredit. Motor listrik Smoot akan menjadi sarana Oranger Mawar dalam melaksanakan aktivitasnya sebagai mitra kurir Pos.
 
Oranger Mawar, Inovasi Layanan Terkini Pos Indonesia Berdayakan Perempuan
Direktur Utama Pos Indonesia Faizal R Djoemadi dan Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana melepas Oranger Mawar (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
"Pos Indonesia juga berkomitmen terhadap pengembangan ekonomi hijau, serta mendukung program pemerintah dalam pengurangan emisi karbon di Indonesia, sehingga kolaborasi dengan Smoot adalah tindakan yang cepat dan tepat dengan memulai dari Oranger Mawar," tutur Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana.
 
Diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November, Siti Choirina yang akrab disapa Ana menjelaskan, "Semangat Hari Pahlawan dijadikan momentum Pos Indonesia mendorong perempuan hebat untuk turut membantu memulihkan ekonomi keluarga dan lebih mandiri ke depan. Jika perempuannya hebat, Indonesia juga akan hebat."
 
Oranger Mawar, Inovasi Layanan Terkini Pos Indonesia Berdayakan Perempuan
Pos Indonesia meluncurkan Oranger Mawar, di Poc Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat, pada Rabu, 10 November 2021 (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
Pos Indonesia melakukan inovasi dengan memberdayakan perempuan karena 52 persen pelaku bisnis online adalah perempuan. Fokus bisnis mereka pada produk kecantikan, fashion, dan alat rumah tangga. Ditambah lagi pada masa pandemi, sebanyak 623.407 pekerja perempuan terdampak.
 
"Oranger Mawar mendukung UMKM di Indonesia yang merupakan jaring pengaman dan penggerak perekonomian di mana kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60 persen. Oleh karena itu, menjadi bagian dari Oranger Mawar merupakan kontribusi bagi terwujudnya kemandirian bangsa," kata Ana.
 
Oranger Mawar, Inovasi Layanan Terkini Pos Indonesia Berdayakan Perempuan
Pos Indonesia menggandeng PT Smoot Motor Indonesia dalam penyediaan motor listrik bagi mitra Oranger Mawar (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
Saat ini telah bergabung 1.000 Oranger Mawar dalam kurun waktu 1,5 bulan. Ana berharap kehadiran Oranger Mawar berdampak positif. "Diharapkan terjadi pertumbuhan 20-25 persen berkat hadirnya Oranger mawar," katanya.
 
Untuk menjadi mitra Oranger Mawar syaratnya mudah, yakni dengan hanya bermodalkan SIM C. Calon mitra dapat bergabung menjadi Oranger Mawar di kantor pos yang tersebar di 4.800 titik di Indonesia. Nantinya, Oranger Mawar akan diberikan kemudahan memiliki motor listrik Smoot dengan fasilitas kredit.
 
Oranger Mawar, Inovasi Layanan Terkini Pos Indonesia Berdayakan Perempuan
Mitra Oranger Mawar dapat memiliki motor listrik Smoot melalui fasilitas kredit (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
Sebagai informasi, motor listrik Smoot menggunakan teknologi tukar baterai Swap Energy. Pengguna dapat mengakses ratusan lokasi tempat penukaran baterai atau SWAPPoin di berbagai lokasi strategis Jabodetabek untuk langsung menukarkan baterai hanya dalam waktu 9 detik.
 
Tak hanya itu, motor listrik Smoot juga terintegrasi dalam satu aplikasi SWAP, sehingga pengendara dapat memantau status baterai terakhir dan titik lokasi Smoot motor. Motor Smoot juga dilengkapi sistem anti-pencurian yang dapat diakses melalui aplikasi ketika kendaraan hilang atau dicuri.
 
"PT Smoot Motor Indonesia mendukung penuh program 1.500 Oranger Mawar melalui penyediaan motor listrik Smoot dimulai dari area Jabodetabek. Ada begitu banyak
perempuan hebat, dan lewat kerja sama erat dengan Pos Indonesia telah membuka kesempatan banyak orang untuk bergabung serta memiliki motor listrik," ujar CEO PT Smoot Motor Indonesia Irwan Tjahaja.
 
(ROS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif