Kemenkominfo terus berkomitmen mendorong efisiensi dan akuntabilitas penyelenggara pos. Foto: Dok istimewa
Kemenkominfo terus berkomitmen mendorong efisiensi dan akuntabilitas penyelenggara pos. Foto: Dok istimewa

Kominfo Dorong Peningkatkan Akuntabilitas Penyelenggara Pos

Gervin Nathaniel Purba • 13 Desember 2023 20:15
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus berkomitmen mendorong efisiensi dan akuntabilitas penyelenggara pos. Hal tersebut menjadi pilar penting dalam transformasi digital, khususnya pada bidang e-commerce dan logistik.
 
Keberhasilan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo dalam meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas penyelenggara pos mampu diikuti iramanya dengan baik oleh PosIND. Hal ini bisa dilihat dari kinerja positif dari Layanan Pos Universal (LPU) PosIND dalam pelaksanaan Subsidi Operasional LPU tahun anggaran 2023.
 
Penentuan pemenang didasarkan pada kinerja dan layanan KCP LPU berdasarkan parameter yang ditetapkan oleh Kemenkominfo untuk lima kategori yang dilombakan. 

Penilaian dilakukan pada periode Januari sampai dengan Oktober 2023 di seluruh KCP LPU. Berdasarkan penilaian ini, terpilih lima KCP LPU terbaik yang memenuhi parameter Kemenkominfo.
 
Kategori pertama yaitu Kantor dengan Pertumbuhan Pendpatan Terbesar yang jatuh pada KCP LPU Rengel, Kantor Cabang (KC) Tuban. Kategori selanjutnya ialah Kantor dengan Kualitas Operasi Terbaik oleh LPU Pangkalan, Kantor Cabang Utama (KCU) Karawang. 
 
Kategori ketiga, yaitu Kantor dengan Pengelolaan dan Fasilitas UMKM terbanyak yang diraih oleh KCP LPU Samarinda Seberang, KC Samarinda. Parameter keempat yaitu Kantor dengan Pembelajaran Digital dan Inovasi terbaik.
 
Adapun kantor yang paling unggul pada parameter ini yaitu KCP LPU Jaken, KC Pati. Kategori terakhir yaitu Kantor dengan Pemeliharaan Fasilitas dan Kebersihan terbaik yang jatuh pada KCP LPU Susut, KC Gianyar.
 
Baca juga: Indonesia Berpotensi Tumbuhkan Industri Pusat Data Nasional

 
Selain BM KCP LPU, Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Endy Pattia juga turut menerima penghargaan mewakili PosIND. Kategori Penyelenggara dengan Peringkat Pertama Wajib Bayar PNBP Kontribusi Penyelenggara Layanan Pos dan Universal  (KPLPU) terbesar tahun buku 2022 diserahkan langsung oleh  Direktur Jenderal PPI Kementerian Kominfo Wayan Toni Supriyanto.
 
“Terima kasih kepada rekan-rekan di lapangan yang sudah bekerja dengan baik. Bekerja untuk PosIND guna meningkatkan pendapatan Perusahaan serta bekerja bagi Bangsa untuk menjaga titik tertinggal, terdepan, dan terluar Indonesia,” ujar Endy, dikutip keterangan tertulis, Rabu, 13 Desember 2023.
 
Sebagai informasi, PosIND memiliki 1.072 Mitra LPU dan akan ada penambahan 464 mitra yang masuk pada jaringan LPU pada Desember 2023. Secara keseluruhan, unit layanan Pos Indonesia telah menjangkau 6.210 kecamatan, atau 85 persen dari total kecamatan di Indonesia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan