"Kami meyakini mempertahankan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan merupakan hal penting yang harus dilakukan Antam, sehingga perusahaan terus melakukan berbagai inovasi dan adaptasi atas perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar," kata Direktur Operasi dan Produksi Antam Hartono dikutip dari keterangan tertulis, Kamis, 30 Mei 2024.
Sebagai komitmen meningkatkan kepuasan pelanggan, Hartono menyebut Antam secara rutin melakukan survei kepuasan pelanggan. Pada 2023, Antam melakukan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI) untuk produk logam mulia dengan skor 85,61.
Nilai CSI produk logam mulia ini menunjukkan peningkatan 1,16 poin dari tahun sebelumnya. "Optimalisasi digital marketing menjadi salah satu point dalam upaya peningkatan kepuasan pelanggan," sebut Hartono.
Hartono menjelaskan kenaikan ini juga sejalan dengan peningkatan CSI produk base metal yang meliputi feronikel, bijih nikel, dan bauksit, dimana Antam mencatatkan skor kepuasan pelanggan produk base metal pada 2023 sebesar 90,63 atau meningkat 5,76 poin dari 2022.
"Kami meyakini penting untuk selalu mempertahankan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan berinovasi dan beradaptasi sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar," tambah dia.
Baca juga: Cuan.. Seluruh Laba Bersih Antam 2023 Dibagikan sebagai Dividen |
Saluran saran dan keluhan yang efektif
Hartono juga menyebut, Antam senantiasa mempermudah pelanggan untuk menyampaikan saran dan keluhan melalui mekanisme yang efektif.
"Kami senantiasa terbuka dan memiliki berbagai saluran untuk menampung masukan dan terus memberikan umpan balik yang baik. Salah satu upaya untuk mempermudah akses komunikasi bagi masyarakat dan pelanggan kepada Antam adalah melalui ALMIRA," papar Hartono.
ALMIRA (Antam Logam Mulia Virtual Assistant), merupakan teknologi virtual assistant berbasis chat untuk mendapatkan informasi terkait produk logam mulia Antam.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News