Ilustrasi harga Pertamax - - Foto: MI/ Arya Manggala
Ilustrasi harga Pertamax - - Foto: MI/ Arya Manggala

Dirut Pertamina Minta Restu DPR Naikkan Harga Pertamax

Annisa ayu artanti • 29 Maret 2022 10:24

Jakarta: Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meminta restu Komisi VI DPR untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertamax. Hingga saat ini, penetapan harga BBM jenis tersebut belum mengikuti mekanisme pasar.

"Hari ini pertamax belum mengikuti mekanisme pasar, jadi dukungan untuk pertamax masih perlu," kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Senin, 28 Maret 2022.

Ia menjelaskan, saat ini Pertamina baru menaikkan BBM jenis pertamax turbo, dexlite, dan pertadex yang secara volume hanya dua persen dari total konsumsi BBM Pertamina. Kenaikan tiga BBM tersebut mengikuti perkembangan harga minyak dunia yang meningkat.

Sementara untuk harga pertamax belum disesuaikan, padahal harga BBM dengan kadar RON 92 seharusnya sesuai dengan mekanisme pasar. Adapun harga pertamax hari ini adalah Rp9.000 per liter. Harga tersebut tidak naik dua tahun.

"Bahkan pertamax digunakan masyarakat untuk mobil-mobil yang bagus, jadi sudah sewajarnya kemudian dinaikkan," ucapnya.

Nicke juga menegaskan, seyogyanya harga pertamax sudah berubah. Sebab pertamax pun bukan BBM yang diperuntukan untuk masyarakat kecil. "Karena bukan untuk masyarakat kecil pertamax itu. Porsinya hanya 20 persen dari total," pungkasnya.


 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif