Ilustrasi penumpang kereta api membludak saat mudik lebaran - - Foto: MI/ Pius Erlangga
Ilustrasi penumpang kereta api membludak saat mudik lebaran - - Foto: MI/ Pius Erlangga

Tiket Kereta Lebaran Ludes, KAI Siapkan Keberangkatan 3-5 Mei

Ekonomi kereta api PT KAI Kereta Api Jarak Jauh Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Selamat Saragih • 26 April 2022 22:48
Jakarta: Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa mengatakan masyarakat yang kehabisan tiket kereta untuk keberangkatan H-10 hingga hari H Lebaran masih bisa memesan tiket keberangkatan untuk 3-5 Mei 2022.
 
Kebijakan PT KAI ini bisa menjadi alternatif waktu mudik bila kehabisan tiket kereta pada H-10 hingga hari H Lebaran.

 
"3-5 Mei dari Jakarta itu bisa menjadi alternatif dimanfaatkan waktu mudik bila kehabisan tiket kereta di H-10 hingga hari H Lebaran," kata Eva, Selasa, 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan, warga yang hendak mudik Lebaran naik kereta api bisa pesan tiket tanggal alternatif ini 3-5 Mei ini sudah 50 persen terjual, tetapi bisa jadi tanggal alternatif yang bisa dipesan jika ingin berangkat dari Gambir atau Pasar Senen. Memang itu sudah beberapa hari setelah Lebaran, tetapi masih dekat Lebaran," ujar Eva.
 
Adapun tiket yang disediakan PT KAI untuk 27 April-1 Mei hampir habis terjual. Saat ini tiket untuk tanggal yang masuk dalam masa puncak mudik itu sudah terjual 99 persen.
 
"Kalau kita melihat data pemesanan tiket, penumpang di stasiun akan meningkat pada 27 April-1 Mei. Karena okupansi pemesanan sudah mencapai 98-99 persen untuk tanggal tersebut," kata Eva.
 
Dia menyatakan, PT KAI telah menyiapkan sebanyak 360 ribu tiket pemberangkatan dari Daop 1 Jakarta menuju ke sejumlah kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Dari 360 ribu tiket yang dijual pada H-10 sampai H-1 Lebaran, diperkirakan sudah terjual sebanyak 88 persen.
 
"Artinya masih ada ketersediaan tiket, tapi mungkin hanya untuk perjalanan relasi tertentu atau jarak sedang. Seperti misalnya ke Bandung atau Cirebon," lanjut Eva.
 
"Tapi kalau untuk perjalanan ke Jawa Tengah, Jawa Timur, ini mayoritas sudah dipesan jauh-jauh hari. Bahkan kereta tambahan untuk pemesanan tiket sudah full," lanjut dia.
 
Adapun PT KAI memberangkatkan 28 kereta dari Stasiun Pasar Senen dan 32 kereta dari Stasiun Gambir, Jakarta, pada Selasa hari ini. 
Dari 28 kereta yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, tercatat sebanyak 16 ribu penumpang. Dan dari Stasiun Gambir tercatat 11.400 penumpang diberangkatkan.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif