Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Foto: Kemendag.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Foto: Kemendag.

Mendag Gali Potensi Ekspor ke Selandia Baru

Antara • 21 September 2022 21:03
Nusa Dua: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong ekspor produk potensial ke Selandia Baru saat menghadiri pertemuan bilateral dengan Menteri Pertumbuhan Perdagangan dan Ekspor Selandia Baru Damien O'Connor. Pertemuan digelar di sela-sela G20 Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) dan Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM).
 
baca juga: Akselerasi Pemulihan, Kemendag Ajak G20 Aktif Bahas 6 Isu Prioritas

“Saya menyambut baik peningkatan total nilai perdagangan antara Indonesia dan Selandia Baru di 2021 yang mencapai 35,66 persen dibandingkan tahun sebelumnya namun masih banyak potensi yang perlu dieksplorasi guna meningkatkan nilai perdagangan bilateral kedua negara,” kata Mendag di Nusa Dua, Bali dikutip dari Antara, Rabu, 21 September 2022.
 
Kedua Menteri sepakat mendorong peningkatan perdagangan dan kerja sama di fora internasional seperti di ASEAN, Australia, New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA), Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dan G20.
 
Zulkifli meminta dukungan Selandia Baru untuk pendirian Sekretariat Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) di bawah Sekretariat ASEAN yang bertempat di Jakarta. Kedua Menteri juga menyambut baik disetujuinya Rancangan Undang-Undang RCEP oleh DPR pada 30 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri O’Connor juga memberikan selamat atas kesuksesan Presidensi G20 Indonesia terutama di tengah kondisi ekonomi politik global yang tidak menentu. Kedua Menteri juga mengharapkan G20 dapat menjadi forum untuk penyelesaian isu-isu global.
 
Para Menteri juga membahas isu mengenai standar produk pertanian, kerja sama sertifikasi halal, dan bertukar pikiran mengenai cara-cara untuk menghadapi ancaman kenaikan harga energi dan pangan.
 
Mendag Zulkifli Hasan juga mengajak pebisnis dan kalangan pengusaha Selandia Baru untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37. Pameran dagang terbesar di Indonesia ini akan dilaksanakan secara fisik pada 19-23 Oktober 2022 dan secara virtual pada 19 Oktober-19 Desember 2022.
 
"Saya mengundang pebisnis dan kalangan pengusaha Selandia baru untuk berpartisipasi pada Expo tersebut karena TEI dapat menjadi wadah yang tepat bagi pelaku usaha dalam mengembangkan hubungan perdagangan kedua negara," kata Mendag.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif