Ilustrasi. FOTO: dok MI
Ilustrasi. FOTO: dok MI

Pasar Murah Jadi 'Obat' untuk Tekan Inflasi Daerah

Antara • 03 Oktober 2022 05:56
Manokwari: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari, Papua Barat, menyiapkan operasi pasar murah untuk menekan angka inflasi daerah, meskipun belum terjadi kenaikan harga. Pasar murah itu sebagai langkah antisipatif agar terjadi stabilisasi dan tidak mengakibatkan inflasi.
 
"Kita memastikan operasi pasar tetap berjalan agar mengendalikan seluruh harga, khususnya bahan pokok dan harga barang dan jasa lain di Kabupaten Manokwari," ujar Bupati Manokwari Hermus Indou, di Manokwari, dilansir dari Antara, Senin, 3 Oktober 2022.
 
Bupati Hermus memastikan Pemkab Manokwari terus memperkuat tim inflasi daerah yang sudah dibentuk agar bekerja secara efektif. Pada pekan depan, dia menyebut, ada rencana agar operasi pasar digelar sembari memantau perkembangan dampak kenaikan harga BBM terhadap harga bahan pokok serta barang dan jasa di Manokwari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Inflasi daerah atau gejolak harga khususnya di Kabupaten Manokwari sampai dengan hari ini memang belum terlalu nampak, namun kami akan terus buat langkah antisipatif," ucapnya.
Baca: Bukan Kaleng-Kaleng Nih! Interior Kereta Cepat Bakal Indonesia Banget

Dia menyebut Kabupaten Manokwari hanya mengalami inflasi di bawah enam persen dan masuk dalam kategori rendah di seluruh Indonesia. Secara khusus, dia menyampaikan rasa syukur lantaran kenaikan BBM tidak menimbulkan gejolak yang luar biasa di Manokwari.
 
Badan Pusat Statistik (BPS) Manokwari mencatat pada Agustus 2022 terjadi deflasi di Kabupaten Manokwari sebesar 0,79 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 114,70. Deflasi di Kabupaten Manokwari terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan indeks pada dua kelompok pengeluaran.
 
Dua kelompok itu yaitu kelompok transportasi sebesar 6,80 persen dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,51 persen. Tingkat inflasi tahun kalender sejak Januari hingga Agustus di Manokwari sebesar 3,04 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun dari Agustus 2021 ke Agustus 2022 adalah sebesar 5,13 persen.
 
Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan Dana Insentif Daerah (DID) kepada 10 provinsi, 15 kabupaten, dan 15 kota, di Indonesia karena dinilai berhasil menekan angka inflasi di daerah. Provinsi Papua Barat mendapat DID sebesar Rp10,75 miliar, Kabupaten Manokwari mendapatkan Rp10,41 miliar, dan Kota Sorong mendapat Rp10,66 miliar.

 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif