Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Arus Balik Tiba, Kemenparekraf: Merak Menuju Bakauheni Terkendali

Ekonomi Pelabuhan Merak arus balik Kemenparekraf Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Angga Bratadharma • 08 Mei 2022 07:47
Merak: Arus balik mudik Lebaran diperkirakan terjadi pada 8 hingga 10 Mei dengan pemantauan arus balik ini dilakukan oleh pemerintah untuk mengantisipasi adanya lonjakan pemudik yang menimbulkan kepadatan. Hal itu secara khusus di jalur arus balik Pelabuhan Bakauheni, Lampung, ke Pelabuhan Merak, Banten.
 
Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Henky Manurung meninjau langsung arus balik di Pelabuhan Merak didampingi oleh GM ASDP Pelabuhan Merak. Upaya yang sudah dilakukan diharapkan memberi efek positif terhadap kelancaran mudik Lebaran di tahun ini.
 
Selain melakukan peninjauan langsung, kordinasi dengan pihak terkait pun dilakukan seperti GM ASDP Pelabuhan Bakauheni, Kabag Humas Polda Banten, Dir Polair Polda Banten, KSOP Kementerian Perhubungan (Kemenhub)dan Corsec ASDP Pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari hasil tinjauan dan koordinasi, Henky Manurung melaporkan bahwa rata-rata jumlah pergerakan 20 ribu kendaraan per hari dari Sumatra ke Jawa dengan total kapal yang beroperasi sebanyak 33 kapal. Pelabuhan panjang masih dalam posisi standby jika terjadi lonjakan yg diperkirakan terjadi di periode 8 hingga 10 Mei.
 
"Saat ini dari Merak menuju Bakauheni landai dan terkendali. Untuk meningkatkan kenyamanan pemudik  kami bekerja sama dengan Enesis Group melakukan pembagian healthy kit dan refreshment drink," kata Henky, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 7 Mei 2022.
 
Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berharap libur Lebaran 2022 menjadi momentum yang kuat dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi, khususnya melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
 
"Dua tahun kita berjuang mengatasi pandemi dari sisi kesehatan, sekarang kita mulai menata kembali ekonomi baru kita. Selama dua tahun kita betul-betul menghadapi masa yang sulit, dan mudik ini is the greatest transfer of business opportunity," katanya.
 
Ia memperkirakan dari total jumlah pemudik, 40 persen di antaranya akan berkunjung ke destinasi-destinasi wisata atau sentra ekonomi kreatif. Jika rata-rata pengeluaran wisatawan Rp1,5 juta maka potensi pergerakan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mencapai Rp72 triliun secara nasional.
 
Di sisi lain, asosiasi pengusaha memperkirakan dana sebesar Rp28 triliun hingga Rp42 triliun akan mengalir dari kota ke daerah tujuan mudik selama Idulfitri 2022. Adapun perayaan dan masa libur Idulfitri di Indonesia merupakan momentum untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi karena menjadi puncak perputaran uang terbesar di Indonesia.
 
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang mengatakan tingginya animo mudik ini akan menggerakkan perekonomian daerah dan meningkatkan produktivitas berbagai sektor usaha.
 
"Kita perkirakan terjadi perputaran uang di kisaran Rp28 triliun sampai dengan Rp42 triliun selama libur Idulfitri ini," pungkasnya.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif