Bandara Terminal 1 Soekarno-Hatta. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Bandara Terminal 1 Soekarno-Hatta. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Penumpang Pesawat di Bandara AP II Tembus 2 Juta Orang

Ekonomi arus balik angkasa pura ii Bandara Soekarno-Hatta penumpang pesawat meningkat Mudik Lebaran 2022
Annisa ayu artanti • 05 Mei 2022 18:08
Jakarta: PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat sejak 22 April hingga 3 Mei 2022 jumlah penumpang pesawat tembus di atas 2,13 juta orang dan pergerakan pesawat sebanyak 17.477 penerbangan.
 
President Director AP II Muhammad Awaluddin menyebutkan, Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah pergerakan penumpang periode tersebut tercatat 1,36 juta orang dengan pergerakan pesawat mencapai 10.989 penerbangan.
 
Adapun lima besar destinasi dari Bandara Soekarno-Hatta pada 22 April-4 Mei adalah ke Denpasar, Medan, Makassar, Surabaya, dan Pontianak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, ia juga mengakui angkutan Lebaran 2022 menjadi tantangan bagi AP II dan stakeholder karena dua tahun sebelumnya tidak ada penyelenggaraan angkutan Lebaran sebagai dampak dari pandemi covid-19.
 
"Kolaborasi yang erat antara AP II, regulator, maskapai, ground handling, penyedia jasa navigasi penerbangan, TNI dan Polri, serta pemangku kepentingan lainnya menjadi faktor kesuksesan seluruh bandara AP II dapat melayani pemudik dengan baik," ujar Awaluddin dalam keterangan tertulis, Kamis, 5 Mei 2022.
 
Realisasi dari kolaborasi di antara stakeholder bandara AP II adalah penyesuaian pola operasional bandara dan maskapai, pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi pergerakan pesawat di sisi udara (airside) bandara, kecepatan dan ketepatan penanganan penumpang di terminal, serta optimalisasi ground handling.
 
Per 4 Mei 2022, seluruh bandara AP II bersiap menerima kedatangan pemudik pada arus balik. Ia memperkirakan pergerakan penumpang akan meningkat hingga puncak arus balik 7-9 Mei.
 
Pada 7 Mei 2022 ditaksir jumlah pergerakan penumpang mencapai 166.312 orang, pada 8 Mei tertinggi mencapai 199.857 orang, dan 9 Mei sebanyak 179.542 orang.
 
"AP II mengimbau agar para pemudik dapat melakukan perjalanan arus balik lebih awal sehingga tidak terkonsentrasi pada 7-9 Mei. Perjalanan lebih awal sangat membantu pergerakan penumpang pada arus balik terdistribusi dengan baik," kata Awaluddin.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif