Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto: Istimewa.
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto: Istimewa.

Kementan Dorong Desa Sejahtera Astra Bangkitkan Pertanian Indonesia

Ekonomi Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian astra international covid-19
Husen Miftahudin • 20 April 2022 21:52
Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong langkah PT Astra Internasional untuk bersama membangkitkan sektor pertanian Indonesia. Apalagi selama dua tahun masa pandemi covid-19, pertanian menjadi salah satu sektor yang paling bertumbuh.
 
Melalui program Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA), Kementan yakin mampu mendorong pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan di Tanah Air. Sehingga program tersebut menjadi energi di tengah kondisi saat ini.
 
"Menjadi sangat relevan, karena setelah dua tahun kita bergelut dengan masalah pandemi covid-19, ini akan menjadi bagian-bagian menghadirkan energi dan kehidupan yang ada di masyarakat Indonesia," kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 20 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syahrul mengungkapkan, keberhasilan pertanian dua tahun ini luar biasa. Pasalnya, pertanian menjadi salah satu sektor yang bisa menjawab ketika Indonesia dilanda covid-19, dengan berhasil tumbuh 16,42 persen.
 
Hasil ini, kata dia, menandakan pertanian dibutuhkan dalam kondisi apapun. Untuk itu, Kementan berharap ke depan bisa bekerja sama dengan Astra guna menghadirkan beragam jenis buah dan sayur asli Indonesia.
 
"Pertanian itu lapangan kerja, pertanian itu makanannya rakyat dan pertanian itu berujung pada kesehatan. Pertanian yang baik juga membuat perekonomian masyarakat yang baik, membuat keluarga baik maka menghadirkan pendidikan yang baik," ujar Syahrul menjelaskan.
 
Sementara itu, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah menyebut bahwa selama empat tahun program DSA telah memberikan manfaat bagi masyarakat. Seperti diantaranya peningkatan 16.345 tenaga kerja baru dan peningkatan pendapatan sebesar 70 persen.
 
"Pencapaian KBA dan DSA ini tidak lepas dari peranan local champion masing-masing kampung dan desa. Astra sangat mengapresiasi dan bangga kepada seluruh local champion kampung dan desa, yang secara konsisten mengupayakan peningkatan taraf hidup masyarakat dan berinovasi dalam berbagai kesempatan," kata Riza.
 
Astra juga mendukung ekspor produk unggulan desa. Sejauh ini terdapat sebanyak 86 jenis produk unggulan dari 207 DSA yang berhasil diekspor dengan total nilai transaksi sebesar Rp10,07 miliar sejak akhir 2019 hingga Maret 2022.
 
Pada kesempatan ini, Astra juga menggelar kick off ekspor produk pertanian DSA, yaitu 15 kontainer kopi, dua kontainer gula semut, dan 10 kontainer charcoal ke Belanda dengan total nilai Rp6,85 miliar.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif