Pekan lalu pada 6 Agustus 2025 ratusan karyawan berkumpul bukan untuk rapat atau pelatihan teknis, melainkan menghadiri acara perdana Peruri Own Voice (POV) Playbook Series.
Program komunikasi internal ini punya misi besar menjadikan suara karyawan sebagai kekuatan utama dalam membangun citra dan reputasi perusahaan.
POV mengusung tema “Inspire Change from The Inside Out”, yang menegaskan bahwa perubahan besar dimulai dari hati dan pikiran orang-orang di dalam perusahaan.
Direktur Utama PERURI Dwina Septiani Wijaya mengingatkan bekerja di PERURI bukan sekadar mencari nafkah.
“Setiap Insan PERURI membawa harapan bagi orang-orang terdekatnya. Kebanggaan menjadi bagian dari PERURI harus tumbuh dari kesadaran bahwa pekerjaan kita hari ini adalah warisan nilai dan kontribusi yang akan dirasakan manfaatnya oleh banyak orang,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa, 12 Agustus 2025.
Baca juga: Latih Pelaku UMKM Kuasai Public Speaking untuk Tingkatkan Daya Saing |
Konten dari karyawan untuk dunia
POV mendorong karyawan membuat konten sendiri baik video, tulisan, maupun foto yang merefleksikan budaya, nilai, dan strategi perusahaan. Konsep ini dikenal sebagai Employee-Generated Content (EGC).Tak hanya itu, sesi perdana POV Playbook Series menghadirkan dua pembicara inspiratif.
Pakar komunikasi, Vena Annisa, membuka sesi dengan materi personal branding.
“Personal branding adalah proses atau tindakan strategis untuk membangun dan mengelola persepsi orang lain tentang siapa anda, apa nilai-nilai anda, dan apa yang membuat anda unik,” katanya.
Vena menekankan bahwa personal branding bukan soal pencitraan, tapi tentang nilai yang bisa diberikan kepada orang lain.
Sementara itu, Raditya Dika, komedian, penulis, dan filmmaker, hadir dengan gayanya yang khas. Ia membagikan rahasia kreatifnya dalam bercerita.
“Menulis adalah fondasi dari semua bentuk bercerita. Dari tulisan bisa lahir novel, cerpen, lagu, bahkan film. Bahan bakunya adalah kegelisahan. Kalau kalian bingung mau mulai dari mana, mulai dari apa yang bikin kalian resah,” ujarnya.
Seperi diketahui, POV adalah gerakan untuk membangun reputasi perusahaan dari dalam. Suara karyawan yang tulus dan autentik lebih mudah dipercaya publik dibandingkan kampanye eksternal.
PERURI melihat ini sebagai cara memperkuat employer branding dan menciptakan komunikasi internal yang inklusif.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id