Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo, Sulawesi Utara (Foto:Dok)
Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo, Sulawesi Utara (Foto:Dok)

Sambangi Desa di Gorontalo, Dirut BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Peserta di Daerah Dapat Kemudahan Layanan

Patrick Pinaria • 04 September 2024 15:21
Gorontalo: Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo, Sulawesi Utara. Pada kunjungan kerja tersebut Anggoro menjumpai langsung pekerja di desa untuk memastikan kemudahan pelayanan, sekaligus bertemu dengan tokoh masyarakat yang memiliki andil dalam memperluas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah tersebut.
 
Tiba pada Senin, 2 September 2024 pagi, Anggoro langsung menemui dua tokoh inspiratif, yaitu Kepala Desa Balahu Ismail Rahman dan Penyuluh Keluarga Berencana Selawati Eyaji. Keduanya merangkap sebagai Agen Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia) BPJS Ketenagakerjaan di wilayah masing-masing. Kehadiran Agen Perisai telah terbukti membantu masyarakat mendapatkan perlindungan dan manfaat ketika risiko pekerjaan terjadi.
 
"Saya tiba di Gorontalo untuk memberikan apresiasi kepada tokoh inspiratif di sini. Ada Pak Ismail Rahman dan Bu Selawati. Melalui keduanya sudah banyak warga di Gorontalo yang telah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan. Selain menjadi peserta, keduanya juga terpanggil untuk menyebarkan edukasi dan kabar baik tentang program dan manfaat jika terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata Anggoro.
 
Baca juga: Sosialisasi Permenaker Jaminan Sosial PMI, Menaker Dorong PMI Wajib Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan   


Kunjungan tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang diperingati pada 4 September. Harpelnas selalu menjadi momen khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk hadir lebih dekat dengan para peserta.
 
"Pelanggan kami ini datang dari segala segmen, seluruhnya bisa menjadi peserta kami, mulai dari pekerja formal, pekerja informal, jasa konstruksi hingga Pekerja Migran Indonesia merupakan peserta kami. Sehingga tema Harpelnas kami tahun ini adalah 'Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi.' Kami berkomitmen bahwa layanan yang kami berikan kini semakin mudah diakses dan manfaatnya berdampak optimal bagi pekerja dan keluarga,” ujarnya.
 
Sambangi Desa di Gorontalo, Dirut BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Peserta di Daerah Dapat Kemudahan Layanan
 
Sementara itu Ismail Rahman yang juga merupakan mantan anggota DPRD Kabupaten Gorontalo menyampaikan, dirinya menyadari manfaat yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud negara hadir memastikan pekerjanya memiliki jaring pengaman sosial ekonomi ketika musibah atau risiko kerja terjadi.
 
"Kami di Gorontalo ini memiliki tradisi yang cukup kental, khususnya pada warga yang mengalami kedukaan. Bagi warga yang meninggal, keluarganya akan menyiapkan prosesi kedukaan atau pemakaman yang membutuhkan uang cukup banyak. BPJS Ketenagakerjaan melalui program Jaminan Kematian telah memastikan banyak ahli waris dari pekerja di Gorontalo yang meninggal dunia memiliki warisan untuk melanjutkan hidup dan tidak jatuh miskin," kata Ismail Rahman.
 
Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Sukses Melakukan Transformasi Digital Melalui Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO)

 
Ismail juga mengajak Anggoro menemui seorang ahli waris yang menyampaikan testimoni bahwa dari santunan jaminan kematian oleh almarhum suaminya, kini dirinya dapat bertahan hidup dan membuka usaha demi masa depan putra-putrinya. Selain itu, Anggoro juga menjumpai pengrajin kain Karawo (kain tradisional khas Gorontalo) di Desa Balahu.
 
Seraya menutup rangkaian kegiatannya tersebut, Anggoro meyakini dengan bukti banyaknya peserta yang telah merasakan manfaat BPJS Ketenagakerjaan akan semakin menggugah seluruh pekerja untuk peduli terhadap keselamatan kerja masing-masing, sehingga seluruh pekerja bisa Kerja Keras Bebas Cemas. 
 
Anggoro menambahkan melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan prima, mudah, lengkap dan cepat, serta pelayanan yang setulus hati bagi seluruh peserta.
 
“Selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2024. Dengan segala kemudahan yang ada, kami berharap kepuasan peserta terhadap BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat. Seluruh pekerja apapun profesinya akan sadar bahwa mereka berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial. Secara keseluruhan akan berujung pada pekerja Indonesia yang sejahtera," tutur Anggoro.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ROS)


BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan