Meskipun sering terdengar, tidak semua orang paham apa itu cashback, bagaimana cara kerjanya, dan keuntungan yang bisa didapatkan.
Mengutip laman Amartha dan Shopee, simak penjelasan singkat mengenai konsep cashback dan manfaatnya.
Apa itu cashback
Cashback adalah program yang memberikan pengembalian uang kepada pelanggan setelah berbelanja, biasanya dalam bentuk persentase dari jumlah yang dibelanjakan.Dulu, cashback biasanya hanya tersedia untuk pemegang kartu kredit. Tapi sekarang, banyak toko, kartu debit, dan merchant lain juga menawarkan program ini untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan saat Tanggal Kembar |
Cara kerja cashback
Cashback bisa berbeda-beda tergantung programnya. Berikut penjelasannya:Cashback dari kartu kredit
Jika berbelanja pakai kartu kredit di merchant yang bekerja sama, merchant akan membayar sebagian uang ke bank, lalu bank mengembalikannya ke pelanggan.Cashback dari kartu debit
Pelanggan langsung mendapatkan pengembalian uang dari bank setelah berbelanja dengan jumlah tertentu.Cashback marketplace
Penjual menentukan berapa persentase cashback untuk produk tertentu. Setelah membeli, pelanggan mendapatkan poin yang bisa digunakan untuk belanja lagi.Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Paylater yang Digandrungi 3 Generasi |
Keuntungan cashback
Cashback menawarkan berbagai manfaat untuk bisnis, di antaranya:- Mengatasi krisis daya beli
Di masa krisis, cashback bisa menarik konsumen untuk berbelanja karena mereka tahu akan mendapat uang kembali. - Meningkatkan kreativitas promosi
Mendorong konsumen untuk terus berbelanja dan bisa dipadukan dengan promo lain agar lebih menarik. - Membedakan diri dari pesaing
Dengan berbagai pilihan, cashback bisa membuat bisnis lebih menonjol di pasar. - Efisiensi biaya
Lebih hemat dibandingkan diskon, karena hanya diberikan kepada pelanggan setia. - Meningkatkan frekuensi pembelian
Pelanggan yang mendapat cashback dalam bentuk poin atau hadiah cenderung lebih sering berbelanja. - Memperkuat brand
Membantu mempererat hubungan dengan pelanggan dan membuat brand lebih dikenal. - Memperbaiki strategi brand
Lebih efektif daripada diskon besar, karena bisa meningkatkan nilai brand dengan cara yang lebih kreatif. - Mendukung keberlanjutan
Bisa digunakan untuk mendukung program ramah lingkungan, seperti memberi poin tambahan untuk pembelian produk hijau.
Perbedaan cashback dengan diskon
Meskipun keduanya sama-sama memberikan keuntungan pada pembeli, diskon dan cashback memiliki cara kerja yang berbeda. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:Diskon
- Memberikan potongan harga langsung saat pembelian.
- Potongan harga diterapkan di awal, sebelum kamu bayar.
- Tidak ada uang yang dikembalikan setelah pembelian selesai.
- Keuntungan langsung kamu dapatkan saat bertransaksi.
Cashback
- Memberikan uang kembali setelah kamu selesai berbelanja.
- Uang kembali diberikan berdasarkan persentase dari total belanja.
- Cashback bisa digunakan untuk berbelanja lagi di toko atau marketplace yang sama.
- Keuntungan baru didapatkan setelah pembayaran selesai.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id