Ilustrasi holding tambang - - Foto: Antara/ Septianda Perdana
Ilustrasi holding tambang - - Foto: Antara/ Septianda Perdana

Setoran Holding Tambang ke Negara Anjlok

Ekonomi setoran dividen inalum holding tambang
Suci Sedya Utami • 30 Juni 2020 22:08
Jakarta: Holding pertambangan memperkirakan penurunan kontribusi atau setoran ke negara tahun ini hingga 50 persen. Penurunan disebabkan oleh pandemi covid-19 yang turut memukul industri tambang.
 
Direktur Utama Inalum atau MIND ID Orias Petrus Moedak menyebutkan setoran yang bisa diberikan ke negara sebesar Rp10 triliun hingga Rp11 triliun hingga akhir tahun ini. Jumlah tersebut merosot tajam dari kontribusi yang diberikan di tahun lalu sebesar Rp22,9 triliun. Di kuartal I, kontribusi holding tambang ke negara sebesar Rp2,3 triliun.

 
"Akhir tahun kami masih berharap bisa membukukan paling tidak di angka Rp10 triliun, Memang penurunannya sampai 50 persen," kata Orias dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan penurunan setoran disebabkan oleh penurunan permintaan batu bara, sehingga berdampak pada keuangan perusahaan. Salah satunya yakni penurunan permintaan oleh PLN akibat konsumsi listrik yang juga turun.
 
Penurunan permintaan tersebut berdampak pada produktivitas anak usaha yakni PT Bukit Asam (PTBA). Selain itu juga dipengaruhi oleh penurunan harga batu bara global. Contohnya harga alumuniun diprediksi bisa menyentuh USD1.894 per ton. Namun realisasinya harga aluminium hanya USD1.500 per ton.
 
"Semua komoditi itu mengalami penurunan. Aluminium, bauksit, timah, tembaga, batu bara. Paling hanya emas saja yang memang masih mencatatkan harga yang baik, malah cenderung mengalami peningkatan," jelas Orias.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif