Gas alam cair. Foto: AFP.
Gas alam cair. Foto: AFP.

Gas Jadi Kunci RI Hadirkan Listrik ke Daerah Kepulauan

Ekonomi gas lng medco international
Suci Sedya Utami • 02 Juli 2020 23:59
Jakarta: PT Medco Power Indonesia mengatakan gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) menjadi kunci bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan untuk mengaliri listrik ke daerah-daerah terpencil.
 
Presiden Direktur Medco Power Indonesia Eka Satria mengatakan pihaknya percaya LNG menjadi solusi yang bagus bagi sistem kelistrikan atau pembangkitan di wilayah-wilayah Indonesia dengan akses yang sulit dijangkau. Sebab LNG bisa dibawa menggunakan kapal.
 
"Kami percaya LNG to power adalah yang kita harus fokuskan ke depannya. Ini merupakan satu kunci buat Indonesia terutama kita negara kepulauan untuk menghadiri listrik dari gas," kata Eka dalam webinar, Kamis, 2 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eka mengatakan Medco pun berencana membawa gas dari produsen hulu Donggi Senoro ke proyek yang ada di Sumbawa. Ia bilang Medco telah mendapatkan alokasi dari pemerintah untuk menyerap gas tersebut untuk proyek di Sumbawa.
 
Dirinya mengatakan banyak daerah-daerah di Indonesia bagian luar yang saat ini masih menggunakan diesel sebagai energi listrik. Padahal daerah-daerah tersebut bisa menggantinya dengan menggunakan LNG.
 
Namun kuncinya, kata Eka, harus memastikan infrastrukturnya efisien. Oleh karenanya, menurut dia, butuh kolaborasi antar seluruh pemain di sektor tersebut.
 
Selain itu harus dipastikan sumber gas yang terdekat. Sehingga infrastruktur gasnya dapat teroptimalisasi dengan baik untuk kepentingan nasional.
 
"Sehingga harga energi kita terjangkau dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing," jelas Eka.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif