Bank Indonesia (BI) memprakirakan inflasi yang terjadi pada April 2020 akan terkendali dan rendah. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin
Bank Indonesia (BI) memprakirakan inflasi yang terjadi pada April 2020 akan terkendali dan rendah. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin

Survei BI: Bawang Merah Sokong Inflasi April 0,18%

Ekonomi inflasi bank indonesia harga bawang
Husen Miftahudin • 29 April 2020 10:48
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprakirakan inflasi yang terjadi pada April 2020 akan terkendali dan rendah. Berdasarkan survei pemantauan harga dari 46 kantor perwakilan BI, inflasi bulan ini diperkirakan mencapai sebesar 0,18 persen secara month to month (mtm) dan 2,78 persen secara tahunan atau year on year (yoy).
 
"Alhamdulillah inflasi (April) ini terkendali dan rendah, ini juga lebih rendah dari inflasi di bulan-bulan sebelumnya. Inflasi di bulan Maret misalnya itu inflasinya mencapai 2,96 persen (yoy), inflasi Februari 2,98 persen (yoy)," ungkap Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu, 29 April 2020.
 
Adapun kenaikan harga bawang merah menjadi penyumbang utama inflasi April ini. Inflasi bawang merah tercatat sebesar 0,12 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain bawang merah, komoditas yang tercatat inflasi adalah emas perhiasan sebesar 0,09 persen. Kemudian jeruk 0,05 persen dan gula pasir sebesar 0,02 persen.
 
"Tapi juga ada komoditas yang menyumang deflasi seperti cabai merah sebesar 0,11 persen dan daging ayam yang tercatat deflasi sebanyak 0,08 persen," urainya.
 
Menurut Perry, hal ini menunjukkan adanya upaya dari pemerintah dalam memastikan pasokan dan kebutuhan bahan-bahan pokok. Sehingga pasokan dan kebutuhan untuk Ramadan ini terpenuhi secara baik.
 
Hal ini juga sejalan dengan perkiraan bank sentral bahwa inflasi Ramadan pada 2020 ini akan lebih rendah dari pola historisnya dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
 
"Kenapa? Karena memang dengan adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah wilayah menyebabkan penurunan tingkat permintaan, sehingga itu menjadi bagian dari terkendalinya inflasi pada Ramadan tahun ini," pungkas Perry.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif