Ilustrasi kawasan industri Morowali. Foto: dok istimewa.
Ilustrasi kawasan industri Morowali. Foto: dok istimewa.

Pengelola Kawasan Industri Diimbau Perhatikan Kebijakan Pemerintah

Ekonomi kawasan industri
Ade Hapsari Lestarini • 30 Maret 2020 10:45
Jakarta: Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengimbau kepada para anggotanya yakni pengembang dan pengelola kawasan industri untuk memperhatikan kebijakan pemerintah.
Adapun kebijakan tersebut terkait jalur distribusi (mata rantai) bahan baku dan barang jadi yang dilakukan para tenant.
 
"Hendaknya para tenant tetap memperhatikan kebijakan yang diambil oleh pemerintah," tutur Ketua Umum HKI sekaligus Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pengembangan Kawasan Industri Sanny Iskandar dalam keterangan tertulisnya, Senin, 30 Maret 2020.
 
Sanny mengatakan, terkait kebijakan karantina wilayah (terbatas/lokal) yang telah dan akan dilakukan oleh beberapa pemerintah daerah dalam rangka mengendalikan penyebaran wabah covid-19, para anggota diminta untuk menjalankan beberapa langkah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anggota agar tetap melakukan layanan suplai utilitas (air bersih, listrik, gas industri), pengolahan air limbah, pemeliharaan dan pemantauan lingkungan, keamanan dan lain-lain yang diperlukan oleh para perusahaan industri (tenant) di dalam kawasan industrinya," jelas dia.
 
Kemudian membuat jalur komunikasi khusus dengan para tenant berupa saluran hotline kawasan industri melalui media online.
 
Sanny juga mengimbau para tenant, khususnya yang masih berproduksi, untuk selalu menerapkan standar-standar yang diperlukan dalam perlindungan bagi para pekerja. Misalnya dengan menerapkan kaidah-kaidah/aturan pembatasan sosial dan jarak selama di dalam area kantor/produksi.
 
"Kemudian menyediakan bilik disinfektan, menyediakan masker kepada para pekerja dan senantiasa menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS)," pungkasnya.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif