Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.

Pandemi Berakhir, RI Ingin Merajai Ekspor Bahan Pangan Dunia

Ekonomi ekspor Luhut Pandjaitan pandemi covid-19 Food Estate
Suci Sedya Utami • 19 November 2020 22:43
Jakarta: Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pandemi covid-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan, namun juga ketahanan pangan yang berpotensi menyebabkan krisis.
 
Ia mengatakan sejak adanya imbauan mengenai ancaman krisis pangan dunia yang dikeluarkan organisasi pangan dunia atau Food and Agriculture Organization/FAO, dirinya berpikir sudah saatnya Indonesia berbenah dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.
 
Pandemi makin menyadarkan Indonesia untuk tidak bergantung pada hasil pangan impor. Sebab di masa seperti saat ini, negara asal impor pangan pun akan lebih mengutamakan ketahanan pangan di negaranya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mencermati berbagai perkembangan tersebut tentu menjadi momentum bagi kita untuk memperbaiki beberapa kekurangan di sektor tertentu, seperti di pangan yang menyangkut hajat hidup masyarakat Indonesia secara keseluruhan," kata Luhut dalam acara Jakarta Secrurity Food Summit, Kamis, 19 November 2020.
 
Menurut Luhut, ancaman krisis pangan ini tidak boleh dibiarkan. Berbagai terobosan harus terus diupayakan untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi di masa mendatang.
 
Ia bilang pemerintah saat ini tengah menyiapkan lumbung pangan nasional (food estate) yang merupakan program strategis nasional 2020-2024. Kawasan food estate dibangun di dua provinsi yakni Sumatera Utama dengan mengandalkan komoditas kentang, bawang merah, bawang putih, wortel dan lainnya. Kemudian di Provinsi Kalimantan Tengah khusus untuk tanaman padi dan singkong.
 
Luhut mengatakan ke depannya kawasan food estate ini akan menjadi contoh bagi penerapan korporasi pertanian dari hulu ke hilir, dari budidaya, pascapanen hingga masuk ke industri.
 
Ia berharap melalui program ini bisa terwujud kawasan holtikultura dan pertanian terpadu serta modern dan memberikan nilai tambah. Bahkan, lebih lanjut Luhut berharap nantinya akan menghasilkan produk pangan unggulan yang bisa diekspor ke luar negeri.
 
"Saya berharap kelak setelah pandemi ini usai, Indonesia mampu mewujudkan cita-cita besarnya, yaitu ketahanan pangan nasional secara mandiri lewat swasembada pangan secara keseluruhan serta merajai ekspor bahan pangan di seluruh dunia," jelas Luhut.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif