Ilustrasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir - - Foto: dok AFP
Ilustrasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir - - Foto: dok AFP

Populer Ekonomi: RI Segera Miliki Pembangkit Nuklir hingga Industri Halal Dunia Menjanjikan

Desi Angriani • 13 November 2021 10:38
Jakarta: Berita populer ekonomi dari dalam dan luar negeri pada Jumat, 13 November 2021 kali ini menjadi perhatian para pembaca Medcom.id. Para pembaca lebih banyak menyoroti informasi mengenai aset kripto hingga industri halal dunia.
 
Beberapa berita populer tersebut yakni Indonesia siap memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir pertama, dan AS bakal tagih janji Tiongkok tentang kesepakatan dagang pertama.
 
Masih ada berita lainnya yang juga masuk dalam daftar populer harian. Berikut rangkuman berita selengkapnya.

1. Indonesia Siap Punya Pembangkit Nuklir Pertama

Anak perusahaan PLN yakni PT Indonesia Power atau IP siap terlibat dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) pertama di Indonesia. Hal ini sebagai bentuk dukungan transisi energi bersih di Tanah Air.
 
Indonesia Power mengaku juga telah bekerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di sektor energi nuklir, Thorcon International Pte dalam membangun PLTN di Bangka Belitung. Thorcon diketahui akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) berkapasitas 500 Megawatt (MW).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca selengkapnya di sini

2. Ini Syarat Aset Kripto Sah Diperjualbelikan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan aset kripto sebagai komoditas dengan syarat tertentu sah diperjualbelikan, tetapi diputuskan haram untuk dijadikan sebagai mata uang. Aset kripto yang sah diperjualbelikan adalah yang memenuhi syarat sebagai sil'ah dan memiliki underlying serta memiliki manfaat yang jelas.
 
Baca selengkapnya di sini

3. AS Bakal Tagih Janji Tiongkok tentang Kesepakatan Dagang Fase Pertama

Perwakilan Dagang AS Katherine Tai mengatakan Pemerintahan Joe Biden akan memberikan perhatian terhadap Tiongkok dalam pembicaraan mengenai kepatuhan Beijing tentang kesepakatan perdagangan di era Trump. Tetapi dia menolak untuk memprediksi hasil sementara saat diskusi berlanjut.
 
Pemerintah bakal meminta pertanggungjawaban kepada Tiongkok atas kesepakatan perdagangan fase pertama yang dua tahun lalu ditandatangani pada Januari 2020 dan sedang menjajaki semua kelemahan dalam kinerja Tiongkok, termasuk kurangnya pembelian pesawat komersial.
 
Baca selengkapnya di sini

4. Industri Halal Dunia Menjanjikan, Peluang bagi UMKM Indonesia

Potensi industri halal dunia sangat menjanjikan. Pasar produk halal sangat besar, dan ini peluang besar bagi produk-produk halal Indonesia, khususnya produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga Indonesia dalam beberapa tahun ke depat dapat menjadi produsen produk halal global terbesar.
 
Indonesia harus menangkap momentum di tengah pandemi ini untuk meningkatkan pasar industri halal nasional dan ekspor dengan produk-produk nasional Indonesia. Pemerintah, sebutnya, memberikan dukungan penuh kepada UMKM dan industri halal, khususnya selama pandemi covid-19 dengan berbagai kebijakan dan alokasi dana yang besar.
 
Baca selengkapnya di sini

5. Bakal Digugat Tommy Soeharto, Ini Jawaban Kemenkeu

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) menyatakan belum menerima secara resmi informasi terhadap langkah hukum yang akan diambil Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, terkait dengan aset yang disita oleh negara.
 
Baca selengkapnya di sini
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif