Meraih kebebasan finansial menjadi impian banyak orang. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana caranya (Foto:Freepik)
Meraih kebebasan finansial menjadi impian banyak orang. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana caranya (Foto:Freepik)

Cara Meraih Kebebasan Finansial di Usia Muda

Rosa Anggreati • 16 Februari 2022 19:51
Jakarta: Meraih kebebasan finansial menjadi impian banyak orang. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana caranya.
 
Bebas finansial bisa dikatakan sebagai suatu kondisi di mana kita tidak perlu lagi bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari baik pada masa sekarang maupun masa depan.
 
"Bebas finansial adalah suatu keadaan di mana kita memiliki tabungan atau pendapatan yang cukup. Hasilnya dapat mencukupi kebutuhan hidup kita, menjaga gaya hidup kita seperti yang kita inginkan," kata Chief Agency Officer Manulife Indonesia Jeffrey Kie pada podcast Do It.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantas bagaimana caranya bisa bebas finansial pada usia muda, bahkan merencanakan pensiun dini?
 
"Setiap orang bisa bebas secara finansial sejak usia muda asal kita tahu caranya. Kuncinya adalah komitmen, disiplin, dan persiapan yang baik," ucap Jeffrey Kie.
 
Bebas finansial bisa didapatkan oleh siapa saja karena pada kondisi ini uanglah yang bekerja untuk kita, bukan kita yang bekerja mencari uang. 
 
"Hal ini disebut dengan passive income (pendapatan pasif). Kita mendapatkan pemasukan tanpa perlu bekerja keras dari pagi sampai malam. Itu bisa kita dapatkan jika sejak dini kita menyiapkan tabungan, memiliki proteksi, investasi, aset, dan mengelolanya dengan baik," tuturnya.


Kapan Memulai Kebebasan Finansial?


Untuk menuju kebebasan finansial bisa dimulai sejak dini, yaitu sejak memiliki pendapatan. Bahkan, sejak masih menjadi mahasiswa pun bisa. Caranya, uang kiriman orang tua setiap bulan dikelola dengan baik. 
 
Keuangan dikatakan telah dikelola dengan baik jika penghasilan dialokasikan dengan tepat, yaitu alokasi untuk tabungan, investasi, dana darurat, dan membeli aset. 
 
"Sebaliknya, jika kita punya banyak sumber pemasukan tapi uang dihabiskan semua, maka kebebasan finansial tidak akan tercapai," kata Jeffrey Kie.
 
Selain itu, penting bagi kita memiliki asuransi sebagai proteksi melindungi dari risiko kehidupan. Sebab, jika sakit dan butuh biaya banyak, maka uang yang sudah dikumpulkan akan habis untuk berobat. "Kita harus memulai mengumpulkan uang dari nol lagi," kata dia.
 
Menabung saja tidak cukup untuk meraih kebebasan finansial. Yang harus dilakukan adalah berinvestasi. Sebelum memulai investasi harus mempelajari investasi sesuai profil kita. 
 
"Kalau kita orangnya agresif bisa investasi saham. Namun kalau kita konservatif, bisa investasi obligasi.


Peluang Cari Pemasukan Tambahan


Jeffrey Kie menggarisbawahi agar setiap orang mampu membatasi diri dalam membeli barang konsumtif. Terutama bila membelinya menggunakan kartu kredit.
 
"Perlu dibatasi euforia berlebihan membeli barang konsumtif melalui penggunaan kartu kredit. Gunakan kartu kredit sebagai alat bayar, bukan sebagai dana talangan," ucapnya menegaskan.
 
Saran untuk mengerem pengeluaran:
 
1. Tunda kesenangan
 
Kita harus menekan keinginan untuk memuaskan diri. Uangnya bisa kita simpan untuk dinikmati nanti, bisa digunakan untuk meraih kebebasan finansial.
 
2. Waspadai pengeluaran sepele
 
Banyak orang menganggap remeh pengeluaran dengan nominal kecil. Padahal jika pengeluaran receh tersebut dikumpulkan akan menjadi banyak, seperti pepatah sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit.
 
"Misalnya, ngopi di kafe. Sehari habis Rp100 ribu, berarti dalam 30 hari habis Rp3 juta. Dalam setahun menjadi Rp36 juta. Jangan karena kecil, maka kita sepelekan," kata Jeffrey Kie.
 
Ia pun menganjurkan agar kita memperbanyak sumber pemasukan di sela-sela waktu.
 
"Caranya, dengan menjadi agen asuransi Manulife. Ini akan membantu untuk mempersiapkan kebebasan finansial," katanya.
 
Tunggu apalagi? Ayo, miliki sumber pemasukan tambahan dengan bergabung bersama Manulife, klik di sini.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif