Ilustrasi. Foto: dok MI/Susanto.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Susanto.

Perhatian! Hari Ini dan Besok Jadi Puncak Arus Balik via Kereta Api Jarak Jauh

Ekonomi kereta api PT KAI arus balik Kereta Api Jarak Jauh Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Media Indonesia • 06 Mei 2022 16:02
Jakarta: Arus balik Lebaran menggunakan kereta Api diprediksi akan terjadi mulai hari ini. VP Public Relation KAI Joni Martinus mengatakan akan ada sebanyak 40 ribu orang yang datang ke Jakarta.
 
"Sekitar 40 ribu orang yang datang ke jakarta pada hari ini baik di Stasiun pasar Senen, Stasiun Gambir, maupun di Stasiun Jatinegara," ujarnya saat dihubungi, Jumat, 6 Mei 2022.
 
Menurutnya hari ini dan esok akan menjadi puncak arus balik Lebaran menggunakan jalur Kereta Api. Pihaknya menyebutkan, KAI telah menyiapkan 2,6 juta tiket hingga sampai saat ini di masa angkutan Lebaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari angka tersebut sebanyak 2,2 juta tiket telah terjual. Artinya, sudah terserap 84 persen," imbuh dia.
 
Guna mengantisipasi penumpukan penumpang yang datang, skenario telah disiapkan. Joni mengatakan sudah menyiapkan petugas di pintu kedatangan. "Sehingga ketika terjadi kedatangan arus balik maka penumpang tetap tertib dan aman," paparnya.
 
Ia mengimbau kepada penumpang agar tetap mematuhi prokes dan tetap memastikan semua persyaratan yang telah ditetapkan itu bisa dipenuhi, seperti halnya vaksinasi hingga booster.
 
Tidak kalah penting, Joni juga turut mengimbau masyarakat agar tepat waktu datang ke stasiun untuk menghindari keterlambatan kereta.
 
"Kami mengimbau agar betul betul bisa mengalokasikan waktu dengan cermat sehingga ketika terjadi kemacetan di jalan itu masih memiliki kantong waktu agar tidak ketinggalan kereta saat tiba di stasiun," jelasnya.
 
Stasiun Pasar Senen masih dipadati pemudik
 
Pemudik masih memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada H+4 Lebaran. Joni mengatakan lonjakan penumpang Kereta Api masih tinggi, mengingat masih banyak warga yang Lebaran terlebih dahulu di Jakarta.
 
"Karena memang kita melihat bahwa ada masyarakat yang mereka Lebaran dulu di Jakarta baru kemudian balik atau mereka melaksanakan dulu Salat Id di Jakarta keesokan harinya baru balik," jelasnya.
 
Adapun total penumpang yang berangkat melalui Stasiun Pasar Senen, pada hari ini mencapai kurang lebih 16 ribu penumpang.
 
Sementara, Kepala Humas Daerah Operasi I PT Kereta Api Indonesia (KAI) Eva Chairunisa mengatakan, dari area Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 64 perjalanan KA Jarak Jauh setiap harinya.
 
Sementara untuk volume penumpang berangkat dari area Daop 1 Jakarta saat ini juga terbilang masih cukup tinggi. "Untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 29 KA beroperasi, 2 KA diantaranya merupakan KA Tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 15.400," papar Eva.
 
Ia menyebutkan, data tersebut hanya jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen jika ditambah dengan penumpang yang naik juga dari Stasiun Gambir, Bekasi, Karawang, Cikarang, Cikampek, dan Jakarta Kota maka secara total terdapat 25.400 penumpang yang berangkat dari Daop 1 Jakarta pada hari ini.
(Mohamad Farhan Zhuhri)

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif