ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

Pemanfaatan Internet bagi Entrepreneur Muda

Al Abrar • 29 Juni 2022 22:24
Jakarta: Perkembangan pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 202,6 juta dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 270,2 juta dengan jumlah penetrasi internet sebesar 73,7%. Angka tersebut akan semakin bertambah karena pesatnya perkembangan digital di Indonesia. 
 
Dengan pesatnya perkembangan tersebut perlu banyak dari masyarakat yang sudah memanfaatkan internet ke dalam bisnisnya.
 
Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid mengatakan bahwa bisnis digital di tengah pandemi pada dua tahun lalu sudah semakin meningkat di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena adanya pembatasan-pembatasan sosial sehingga masyarakat dituntut untuk melakukan kegiatan apapun di rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Bisnis di era digital merupakan akibat dari kecepatan transformasi digital. Masyarakat saat ini sebagiannya sudah menjadi entrepreneur dimana dapat memanfaatkan digital pada usaha atau bisnisnya karena dapat memberikan berbagai kemudahan. Sehingga untuk mampu bersaing, pelaku bisnis harus mampu memanfaatkan digital atau internet dalam usahanya," kata Meutya, dalam keterangan tertulisnya Rabu, 29 Juni 2022.
 
Baca: Simak! Ini 4 Jurus Terhindar dari Penipuan Daring
 
Menurutnya, sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan e-commerce untuk membeli produk dan persentase tersebut merupakan yang tertinggi di dunia. Oleh karena itu Meutya mengajak kepada pelaku bisnis untuk menjadi entrepreneur muda yang mampu memanfaatkan digital.
 
“Jika teman-teman sudah mempunyai usaha dan belum mengkoneksikannya dengan internet maka usaha teman-teman akan tergilas zaman, atau jika teman-teman mempunyai bakat dan minat terhadap dunia usaha masuklah dan memanfaatkan dunia internet tersebut, karena potensinya sangat luar biasa," ucapnya.
 
Rani Yuliyanti selaku influencer juga mengatakan bahwa manfaat internet pada pelaku bisnis sangat banyak sekali.
 
“Manfaat internet bagi pelaku bisnis adalah internet dapat memuat informasi-informasi yang kita butuhkan mengenai produk yang kita jual, memudahkan para pebisnis untuk memasok barang, selain itu juga bisa menjadi branding terhadap produk-produk yang kita jual sehingga dapat menarik konsumen," katanya.
 
Rani juga berpesan bahwa internet merupakan suatu media untuk dapat dijadikan sebagai promosi dalam dunia usaha.
 
“Oleh karena itu melangkahlah dan beralihlah pada dunia internet, karena jika kalian tidak beralih kalian tidak bisa merasakan manfaat yang sangat banyak tersebut," ucapnya.
 
(ALB)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif